Ganglion, Lagi & Lagi??

Oktober 31, 2014 Eka Handa 0 Comments

Dulu ya.. Sekitar tahun 2006 gue punya sebuah ganglion di pergelangan tangan kanan, ga tau deh itu benjolan datangnya dari mana, taunya udah nongol aja, gue ga nyadar dan ngerasanya itu biasa banget, ga perlu dipikirin, karena ga ada rasa sakit. Setelah tahun 2007 baru terasa gejalanya, nyeri-nyeri gimanaaaa gituuu. Tangan jadi terasa kaku, kalo terkena udara dingin terasa ngilu dari ujung jari sampe lengan, ngerasa ada yang ga beres, gue putusin buat menjalani operasi, kempes deh bejolannya, tapiiii.. 6 bulan setelah itu, benjolannya nongol lagi.. hiks.. karena ga terasa ngilu, ya udah gue biarin aja dia nongol lagi..

Suddenly di tahun 2010 ganglionnya bereaksi lagi, rasanya suka ngilu, ditambah dengan aktivitas kerja gue yang padat, jadi tangan kanan gue jadi berasa kebas dan sakit.. Ngerasa ga kuat, gue pergi operasi untuk yang ke dua kalinya, kempes lagi.. Tapiiiii.. Ganglionnya nongol lagi.. dia ga nongol sendirian malah ngajak teman barunya.. hiks.. jadi udah punya satu bulatan nongol di tangan, ditambah lagi dengan bulatan kecil yang lain.. apa boleh buat, gue cuma bisa pasrah aja..

Sekedar info aja sih buat yang baru denger istilah Ganglion, jadi itu adalah semacam kista yang nggak berbahaya, munculnya bisa di pergelangan tangan, di sela-sela jari, atau di samping kuku, ada juga sih yang muncul di belakang lutut, di kaki, dan tempat lainnya, berbentuk benjolan, biasanya benjolan itu gak lebih dari 2cm, yang terkandung dalam benjolan biasanya seperti cairan bening, hampir mirip sama cairan putih telur, katanya sih bisa hilang dengan sendirinya, tapi kalo loe punya gejala yang mirip seperti cerita diatas dan udah ga' tahan sama sakit yang dirasakan, loe bisa pilih jalan operasi..

Okay, back to the topic again, tahun 2014 ganglion sebelah kanan gue mengecil drastis, temennya yg nyempil juga udah ilang, tapiiiiiii.. Tetiba muncul ganglion yang baru ditempat berbeda, disebelah pergelangan tangan kiri.. Jadi sekarang gue punya sepasang ganglion, again!! sekarang udah sampai tahap ngilu-ngilu tapi malas operasi karna nanti akan timbul bekas baru dan ga ada jaminan itu benjolan bakal ilang selamanya. Jadi gue putusin untuk dibiarin aja, semoga nanti dia kempes sendiri.. Aamiin.. doain yak semoga mereka hilang dengan sendirinya..

0 comments: