Pulau Tunjuk - Batam

May 20, 2015 Eka Handa 2 Comments

Pulau Tunjuk ini lokasinya berada di bagian tenggara Pulau Batam, berseberangan dengan Pulau Subang Mas. Kalau kita liat dari google maps, keliatan deket banget loh sama Pulau Bintan. Tanggal 24 September 2016, gue piknik sambil ngecamp di pulau keceh ini. Untuk menuju Pulau Tunjuk, ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih guys, bisa dari pelabuhan Punggur atau pelabuhan rakyat yang terletak di Jembatan 2 Barelang.

Perjalanan memakan waktu sekitar 35 menit jika kita menyeberang melalui pelabuhan Punggur dengan menyewa boat, biayanya sekitar 500rb untuk perjalanan PP. Sementara untuk perjalanan dari Jembatan 2 Barelang, memakan waktu sekitar 1 jam. Perbedaan antara keduanya adalah, dengan pak Usman dari Punggur, kami minta dijemput PP karena mau camping. Dengan Pak Daud, kami menjelajah beberapa pulau kosong disekitar perairan Barelang seharian a.k.a hopping island, dengan biaya 600-800rb tergantung jumlah orangnya. Kedua bapak ini sama baiknya loh.

Buat kalian yang tertarik menjelajah pulau cantik disekitar Batam, bisa menghubungi no ini:
1. Pak Daud - Jembatan 2 Barelang (0821 6968 5757)
2. Pak Usman - Pelabuhan Punggur (0813 7264 4424)

Berhubung gue bergabung dalam grup Anak Pulau, jadi buat ngisi waktu liburan, ada yang ngajak jelajah pulau sekitaran Batam, bukannya gue ga mau ikut sih, tapi meeting pointnya jauh beud dari rumah gue dan gue khawatir tulang gue bakal patah-patah setelah pulang liburan, last minute akhirnya gue contact temen yang udah lama banget ngajakin jalan, alhamdulillahnya dia mau, jadi gue dijemput dirumah sekitar jam 7.45, sampai di lokasi ketemuan jam 8.15, dan parahnya temen-temen gue batang hidungnya pada ga kelihatan satupun -____- padahal janji ketemunya jam 8.00 pagi, setelah menunggu akhirnya 9 orang terkumpul jam 9.50 -_____- yang 3nya lagi nyusul ke Jembatan 1, sambil menunggu mereka, salah satu dari kami menelpon jasa bapak yang menyewakan boat, namanya pak Daud.

View dari bawah jembatan 2 (Nara Singa) sebelum berangkat

Setelah nego, akhirnya kami menyewa 2 buah boat yang diisi masing-masing boat berjumlah 6 orang, dengan biaya 600 ribu untuk 1 boat, kita bisa bebas minta diantar kemana aja yang kita mau, kami berangkat dari jembatan 2, menurut informasi dari pak Daud, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam untuk menuju pulau Tunjuk, tapi sayangnya perjalanan kami sempat terhenti karena tiba-tiba hujan turun dengan derasnya, akhirnya gue dan temen-teman berhenti sejenak dan memakan bekal yang telah kami siapkan. Setelah hujan reda kami melanjutkan perjalanan kembali, akhirnya sampai juga ke Pulau Tunjuk.

Ow ia, saat gue nulis ini, sebenarnya gue masih penasaran, kenapa itu pulau dinamain pulau Tunjuk, jadi gue buka maps dan nge-zoom lokasi, ga nemu.. hehe.. trus gue ingat ada yang ngomong, yang didepan pulau Tunjuk itu namanya pulau Subang Mas, ternyata dapet Mentemen!! Menurut gue pribadi, setelah nge-zoom, bentuk pulaunya kalo diliat dari atas mirip kayak tangan kiri yang lagi nunjuk, makanya dinamain pulau tunjuk, tapi itu masih asumsi gue aja, lebih jelasnya diliat sendiri aja ya.. ujung tunjukan jari kalo diliat dari atas ada warna putih (pasir), diujung tunjukan pulau itulah kami bermain dan menghabiskan waktu.

Pulau Tunjuk dilihat dari google maps

Ow ia, ada satu lagi.. menurut cerita yang beredar.. Pantai pulau Tunjuk, pasirnya suka bergerak, jadi sangat tidak dianjurkan bagi orang-orang yang ga bisa berenang, takutnya bisa kelelep dan gue udah nyoba sendiri, ternyata emang bener, hal pertama yang gue lakuin begitu sampai pantai adalah mengganti baju dan langsung berenang tanpa life jacket, #jleb tetiba gue seperti terperosok ketempat yang dalam, padahal waktu gue coba berenang, pasirnya masih ngena dikaki, huahahaha.. gue panik dan langsung berenang mencari-cari pasir, trus.. gue langsung melipir nyari life jacket dong ya.. sambil nyusulin temen gue yg lagi nyari spot terumbu karang, sip.. gue bisa ngeliat terumbunya, pas udah cape' gue langsung pengen pergi kedaratan, jadi gue berenang ketepian tapi rasanya ga nyampe-nyampe, dalam hati.. *mana sih ini pasir dangkalnya?* #jleb tetiba gue langsung mengais-ngais pasir dangkal, hahahaha.. ajaib banget pantainya.. gundukan pasirnya bergelombang sih sepertinya..

Dermaga Pulau Tunjuk

Okelah, ga perlu banyak bacot ya.. Silahkan saksikan sendiri keindahan pantai Pulau Tunjuk, selamat menikmati yah Mentemen.. semoga bermanfaat ^_^

Yanti & Eka Dewi
Cekungan Pulau Tunjuk
Foto rame rame
 Gaya Duyung2an
Kelelep style

Ow ia.. Sampe lupa.. Selain pulau Tunjuk, kami juga singgah ke beberapa pulau lainnya, ditunggu yah mentemen postingan selanjutnya..

2 comments: