China Trip Day 8 & 9 - Tips Berbelanja Murah di Beijing

November 15, 2015 Eka Handa 2 Comments

Agenda hari ke dua di Beijing adalah mengunjungi Tian Men Square yang merupakan lapangan (alun-alun) terbesar di dunia dan Forbidden City (Kota Terlarang), yang tak lain adalah istana bagi kediaman raja-raja di China dan kerabatnya dimasa lampau. Hanya untuk berkunjung dan sekedar berfoto sih ^-^, kemudian pergi ke pusat perbelanjaan Wangfujing. Di kawasan Wangfujing ini banyak terdapat barang murah dan bagus, jadi mata kita harus jeli melihat barang yang dijajakan.

Hari terakhir sebelum pulang ke tanah air, uang kami ternyata masih ada sisa, jadi kami habiskan untuk belanja oleh-oleh di Hong Qiao Pearl Market, dikarenakan barang saya cukup banyak, jadi saya cuma beli oleh-oleh kecil supaya tidak kelebihan bagasi ^-^ sementara itu dua orang teman saya ingin mebelikan oleh-oleh tas untuk orang tua mereka, upss.. sebelumnya saya sudah dapat bocoran dari teman yang sedang sekolah di Beijing, katanya "TAWARIN SADIS AJA KALO KALIAN MAU BELANJA". OKEY..

Ow ia.. Sepintas saya jelaskan tentang tempat belanja yang satu ini, bagian paling bawah alias basement adalah tempat makan, lantai dasar adalah tempat menjual handphone, accessories dan barang elektronik, lantai 2 dan 3 menjual tas dan sepatu serta oleh-oleh lain seperti souvenir gantungan kunci, gelang, dll, lantai paling atas adalah tempat menjual mutiara. Bagusnya belanja di sini komunikasi lancar, all buyer can speak english.

Okey.. Balik lagi sama tas, di sini mereka buka harga tinggi banget. Pada saat proses penawaran kita harus berada di dalam toko, jika kita nawar harga sambil menyebut angka, di luar area belanjanya, mereka marah binggow -___- yasudah kami tinggal saja. Setelah tau tabiat mereka sambil berkeliling memilih tas, akhirnya saya melakukan penawaran sadis. Diawal penawaran, tas dibandrol seharga 1350 yuan dan saya tawar jadi 110 yuan saja, fix dapat guys. Sementara tas yang satu lagi di toko berbeda harga awal 400 yuan jadi 50 yuan, fix dapat lagi.

Jadiiii, berdasarkan pengalaman saya pribadi, ada baiknya kamu memperhatikan tips berbelanja di beberapa tempat belanja di Beijing seperti berikut:

1. Saat memilih barang, tinggallah didalam toko, jangan menawar dari luar toko, mereka bisa marah.
2. Jika tidak ingin membeli, jangan banyak menawar untuk sekedar tahu berapa harga yang mereka jual.
3. Saat menyukai sebuah barang, jangan melihatkan ketertarikan kita, jual mahal sambil pura-pura berlalu.
4. Dari harga yang mereka berikan, kurangi saja satu angka nol dibelakang, kalau mereka marah, kamu tinggal pergi, biasanya mereka akan memanggil lagi dan bernego sampai jadi.
5. Jika kamu kecewa dengan satu toko, kemudian ketemu barang murah ditoko lain, kamu bisa jalan melenggang di toko yang bikin kamu kecewa *pamer* kalau kamu bisa dapat barang dengan harga beda tapi kualitasnya sama ^-^.

Kemudian teman saya iseng, ayo kita lewat ketempat cece pelit tadi ^-^ sambil melenggang kami lewat di depan toko cece pelit tersebut. Lalu cece itu nanya "how much you get?" -..-    Lalu saya ngomong "This bag?" sambil nunjuk tas.. One hundred ten only ^-^ dan apa yang terjadi sodara-sodara?? dia bengong nyaris ga percaya, lalu dia ngomong sambil geleng-geleng kepala "Crazy lady" wkkkkk.

2 comments: