Serunya Bermain Pokemon di Batam

Agustus 14, 2016 Eka Handa 5 Comments

Belakangan ini banyak banget anak muda yang keranjingan main game Pokemon, termasuk salah satunya saya. Ceritanya sih udah muncul sekitar bulan Juli 2016, tapi waktu itu belum resmi dirilis di Indonesia. Naaah, sekarang sudah bisa dimainkan di Indonesia, saya mulai iseng memainkan Pokemon sejak 6 Agustus kemarin, sampai sekarang baru level 4, hehe.. Ga bisa dipungkiri sih, main Pokemon itu asik banget karena bisa bikin kita bepergian ke satu lokasi tertentu buat nangkap Pokemon yang lucu dan imut. 

Apa itu Pokemon Go?

Pokemon Go adalah sebuah game berbasis augmented-reality yang dikembangkan oleh Pokemon Company bekerja sama dengan Nintendo dan Niantic. Kita bisa melihat dunia Pokemon melalui layar smartphone sebagai view finder dari kamera hape. Nantinya kita akan berperan sebagai Trainer yang bertugas untuk menangkap dan melatih Pokemon sebanyak mungkin. Untuk bermain Pokemon, kamu harus mengaktifkan GPS sambil berjalan menyusuri setiap sudut jalan yang kamu lewati.

Dimana lokasi Pokemon di Batam?
Untuk Lokasi Pokemon, sejauh ini saya baru nemu itu di daerah Sekupang, sama di Alun-alun Engku Putri Batam Centre. Sebenarnya ga ada panduan pasti dimana Pokemon unyu itu bakal muncul, mereka bisa tiba-tiba hadir disekitar kamu saat kamu sedang memainkan game Pokemon itu sendiri. Untuk pokestop udah banyak bertebaran di Batam, sejauh yang saya jalani, untuk daerah Sekupang tergolong mencar-mencar, ga disatu tempat. Daerah Alun-alun sendiri untuk pokestopnya lumayan banyak dan tergolong dekat jaraknya antara pokestop satu dengan yang lainnya. Untuk pokestop tempat lain, akan saya update berkala dalam postingan ini ^-^.

Cara bermain Pokemon
Untuk pertama kali, kamu mesti download gamenya dulu ya, udah ada kok di play store. Setelah download, akan muncul seorang profesor yang nerangin sedikit tentang cara main pokemon. Setelah itu kamu diharuskan berjalan dan mencari Pokemon. Dalam perjalanan, kamu pasti akan ketemu sama tanda kotak berwarna biru. Itu adalah pokestop, saat kamu berada jauh dari pokestop tapi sudah bisa melihat tandanya, tinggal klik tanda biru, akan muncul sebuah gambar yang bisa kamu perkirakan dimana lokasinya. Pokestop adalah tempat buat kamu nyari item seperti pokeball dan telur. Untuk mendapatkan item, tinggal klik icon lalu putar icon, bisa kekiri dan kekanan. Fungsi Pokeball itu untuk nangkap Pokemon yang muncul, sedangkan telur, nantinya bisa berubah bentuk, kira-kira berubah jadi apa ya??

Terusss, gimana cara nangkap Pokemon? Saat kamu jalan-jalan, kemungkinan bisa nemuin Pokemon, kalau ada tanda getar dihape saat kamu lagi mainkan gamenya, sudah dipastikan ada Pokemon yang muncul, lalu dilayar hape akan muncul Pokemonnya. Ada semacam signal berbentuk lingkaran di tubuhnya Pokemon, warna hijau yang paling mudah buat ditangkap, selain itu ada warna kuning dan merah, yang merah paling susah ditangkap. Lemparkan bola kearah Pokemon, kalau gagal, coba terus sampe dapat, tapi jangan sampe ngabisin bola ya ^-^.

Cara mengubah telur menjadi Pokemon
Naaah, udah jalan dan ketemu sama telur kan? telur itu cuma bisa dikumpulin sebanyak 9 buah, nantinya telur itu bisa berubah jadi Pokemon dengan menggunakan incubator. Ada 3 jarak tempuh untuk netesin telur Pokemon, 2KM, 5KM, sama 10KM, makin jauh jarak tempuh si telur, makin bagus karena berpotensi menetaskan Pokemon yang langka atau jarang ditemukan meskipun kamu udah berjalan jauh. Klik telur then start incubation, saat kamu berjalan, jarak tempuh kamu dalam mencapai telur akan terhitung otomatis. Dikarenakan rasa penasaran, saya mulai dengan telur yang jaraknya paling jauh dulu ^-^.

Pokestop daerah Pasar Mitra Raya, Batam centre  

      Pokestop untuk mengambil berbagai item


Penyimpanan telur, max 9 buah, dengan incubator bisa menetaskan telur. 

Tanda pokestop yang bertaburan bunga pink itu berarti ada yang pasang lure, bertahan selama 30menit, Pokemon akan datang setiap 3-5menit, duduk deketan aja sama lokasi itu, Pokemonnya bakal muncul dan itu pasti.
Pokestop daerah pom bensin Baloi, permainan pas malam hari.

Hasil bermain Pokemon tanpa cheat

Apa itu Gym Pokemon?
Gym Pokemon itu adalah sebuah tempat untuk bertanding & melatih Pokemon, Kita bisa mulai bertanding kalau sudah mencapai level 5. Gym ada di map dan ditandai oleh tower tinggi yang tersebar di berbagai penjuru. Pertama kali masuk gym, kamu akan disuruh untuk join salah satu team yang terdiri dari Team Instinct (Kuning), Team Mystic (Biru) dan Team Valor (Merah). Setelah itu, kamu bisa mulai menaklukan Gym lawan atau memperkuat Prestige Gym tim kamu sendiri. Lalu simpan salah satu Pokemon kamu di sana. Tujuan nya adalah, team kamu menjadi penguasa gym dengan mengalahkan team lain dan berusaha mempertahankannya.


5 komentar:

  1. udah duluan punya game ini tapi baru dikit dapat monsternya hehehe 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, buat olah raga bagus banget ya Mad, bisa keringetan buat jalan menuju pokestop..

      Hapus
  2. wuihh keren keren keren,,,ada alasan buat keluar rumah pastinya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan buat yang males olah raga ya Sad, jadi punya alasan buat jalan kaki, hehe..

      Hapus
  3. Alhamdulillah ngak keracunan pokemon hahaha

    BalasHapus