Perpaduan Antara Sunrise dan Sunset di Pulau Tunjuk Batam

September 27, 2016 Eka Handa 27 Comments

Pulau Tunjuk saat ini menjadi alternative wisata baru bagi warga kota Batam. Hal ini dikarenakan lokasinya yang sangat mudah dijangkau. Bentuk pulaunya unik, jika kamu mencari lokasi pulau ini dari google maps, akan kelihatan seperti tangan kiri yang sedang menunjuk sesuatu. Selain itu Pulau Tunjuk masih alami dan terjaga kebersihannya. Berpasir putih lembut di ujung pulau dengan air laut yang jernih.

Rona airnya yang menggoda bisa menarik para pengunjung untuk segera menceburkan diri dan berenang. Sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau sekedar menjauh dari kebisingan kota. Letaknya berada di bagian tenggara Pulau Batam dan berseberangan dengan Pulau Subang Mas. Dahulunya Pulau Tunjuk termasuk dalam wilayah TanjungPinang, tapi sekarang sudah masuk dalam wilayah Batam.

Ada sekitar 20 KK yang mendiami Pulau Tunjuk. Meskipun begitu, pengunjung tetap bisa merasakan ketenangan selama berada di pulau ini. Mata pencaharian utama penduduk Pulau Tunjuk adalah Nelayan. Untuk menuju Pulau Tunjuk, ada beberapa opsi yang bisa dipilih, dari pelabuhan Punggur atau pelabuhan rakyat yang terletak di Jembatan dua Barelang.

Jika menyeberang melalui Pelabuhan Punggur, waktu tempuh perjalanan sekitar 35 menit dengan menyewa boat, biayanya sekitar 500rb untuk perjalanan PP. Saat membawa banyak orang, kamu juga bisa menggunakan pompong, waktu tempuh sekitar satu jam atau lebih, tergantung cuaca. Sementara untuk perjalanan dari Jembatan dua Barelang, memakan waktu sekitar 1 jam dengan biaya 600-800rb tergantung jumlah orangnya.

Jika ingin lebih safe, bisa meminta pemilik boat untuk menyediakan pelampung. Jadi tinggal disesuaikan, mana yang lebih dekat dengan lokasi kamu. Perbedaan antara keduanya adalah, dengan pak Usman dari Punggur, kita hanya meminta dijemput PP, misalnya hanya mendatangi Pulau saat pagi hari, lalu sore hari langsung pulang. Dengan Pak Daud, anda bisa menjelajah beberapa pulau kosong disekitar perairan Barelang seharian atau bisa disebut hopping island.

Buat kalian yang tertarik menjelajah pulau cantik disekitar Batam, bisa menghubungi no ini:
1. Pak Daud - Jembatan 2 Barelang (0821 6968 5757)
2. Pak Usman - Pelabuhan Punggur (0813 7264 4424)

Senja di Pulau Tunjuk

 Kapal terdampar, entah punya siapa

Sunset keceh di Pulau Tunjuk


Sunsrise dari dalam tenda

Pulau Tunjuk mempunyai sebuah dermaga beton yang panjang. Dari dermaga, pengunjung hanya perlu jalan kaki lalu berbelok ke kanan untuk menjangkau pantai. Penduduknya ramah dan kebersihan area pantai sangat terjaga, kecuali saat musim angin. Jangan kaget ketika melihat sampah yang terbawa oleh angin laut. Biaya memasuki pulau ini RP 10rb/orang. Dipungut oleh warga setempat.

Ujung pantai Pulau Tunjuk sewaktu waktu bisa berubah tergantung musim, kadang bisa berbentuk melengkung, kadang letak pasir bisa berubah arah. Sangat disarankan untuk menjaga anak anak atau teman yang kurang mahir dalam berenang karena pasir yang terbawa oleh gelombang laut bisa terlihat seperti dangkal tapi di bagian lainnya sangat dalam.

Di sepanjang pantai terdapat pohon cemara dan setumpuk rumput hijau. Jika ingin bersantai sambal tidur siang, bisa! Angin laut yang semilir bisa membuat kamu tertidur dengan lelap. Ingin berleha leha dengan menggantungkan hammock, bisa juga. Tapi bawa pelengkapan sendiri ya. Selain itu, di area pantai juga sudah tersedia beberapa tempat duduk dan meja untuk bersantai dan meletakkan barang bawaan.

Pada sibuk masing masing

Eak, formasi kelopak bunga

Foto saat badai mulai mendekat

Hal yang bisa dilakukan di Pulau Tunjuk selain berenang dan menikmati keindahan pantainya adalah camping, menikmati sunrise dan sunset yang indah. Rona jingga terasa sangat menggoda dan mendamaikan hati. Berenang sambil menunggu sunset dan menikmati air kelapa pastinya menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu dipinggir pantai juga terdapat sebuah spot foto instagramable dengan latar belakang kapal kayu.

Jika kamu berkunjung dan memutuskan untuk camping di ujung pulau ini, bawalah perlengkapan makanan yang cukup dan jangan lupa untuk membawa perlengkapan lain seperti powerbank dan senter untuk penerangan saat malam hari. Jangan lupa siapkan laybag, topi pantai dan kacamata hitam biar foto kamu tambah keren.

Bagi yang muslim bisa melaksanakan ibadah sholat karena di pulau ini terdapat sebuah mushola yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Untuk yang berenang juga ga perlu khawatir, tak jauh dari mushola juga tersedia sumur untuk bilas. Jadi kapan kamu ke Pulau Tunjuk?
Selfie sebelum badai datang ^-^

Sedikit cerita pribadi.
Selesai berfoto dengan latar belakang sunset dan sunrise, masih terasa ada yang kurang. Rupanya kami belum sempat berfoto di atas kapal yang terdampar, hehe. Dengan segala daya dan upaya, sampailah beberapa anak manusia, berbekal action cam dengan batre hape yang tinggal beberapa persen, pas lagi sibuk selfie malah datang angin kenceng, alhasil salah satu tenda terbang ke laut tertiup angin, muehehehe.. Dengan kocar kacir kami bergegas untuk beberes semua barang beserta sampah lalu berteduh di rumah seorang teman yang asli Pulau Tunjuk, Zacka namanya, setelah masak mie dan menggoreng sosis sambil menunggu hujan, setelah reda baru kami pulang ^-^.

27 comments:

  1. keceh kakak. di tunggu cerita berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamacih babang, tungguin ya bang cerita terbaru, gak lama lagi kok, hehe..

      Delete
  2. nanti ajak camping2 ya dek Eka! awas kalo engga!lwkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okhaaaaay, babang Asokaa.. ditunggu loh kedatangannya ke Batam ^-^

      Delete
  3. Wah, cantiknya uni. Ajak2 dunk liat sunsetnya.

    Ubay
    #JelajahNagariAwak
    kidalnarsis.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok maen ke Batam Bay, ntar kita temenin ^-^.

      Delete
  4. Replies
    1. Ia kak, kecehnya bikin betah duduk lama-lama disana ^-^

      Delete
  5. Replies
    1. One day ya yuk, kita main kesana ^-^

      Delete
  6. cuaca bagus, langit dan warna air laut nya pun ikut mempercantik pulau ini...keren lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya begitu kak, pas kami udah ninggalin pulau baru datang hujan, hehe..

      Delete
  7. berapa KK penduduk yg tinggal di pulau ini ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih ada 20 KK mas, berdasarkan keterangan temen yang anak Pulau Tunjuk

      Delete
  8. Keren banget. Tapi gak ngajak-ngajak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami perginya sabtu siang bang, abang masi kerja ^-^

      Delete
  9. Pernah lewat sini, tapi gak mampir. Kece banget ternyata!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti mampir ya bang, biar bisa ngerasain senja di Pulau Tunjuk ^-^

      Delete
  10. mumpung laptop bisa di ajak kompromi mampir ke www.hijabtraveller.com hahahaha, ini pulau nya zack keceh pakai banget mau dunk ke sana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk dah kita kemping kesana lagi, pulaunya bikin kangen euy ^-^

      Delete
  11. Akh, tempat nya keceh sekali.. Beneran seru kayaknya ngabisin waktu santai disana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sist, beneran keceh. Apalagi ada kapalnya, pasirnya juga putih bersih ^-^.

      Delete
  12. pantainya kece ya, apalagi saat pemandangan sunrise dan sunsetnya, ya ampun gak bisa ngomong apa-apa lagi selain kagum dengan keindahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan main kesitu kak, asli keceh tempatnya.

      Delete