Bukit Kandap Galang Baru - Tempat Trekking Yang Cocok Buat Para Pemula

Oktober 19, 2016 Eka Handa 20 Comments

Hai Mentemen, lama ga nongol dengan cerita tentang alam. Kali ini saya bakal cerita tentang pendakian menuju bukit tertinggi dan paling dekat dengan Kota Batam, yaitu Bukit Kandap yang berlokasi di daerah Galang Baru - Kepri. Untuk menuju ke sini, kamu harus berkendara sampai ke Jembatan enam Barelang, sesampainya di sana kamu akan melihat bukit paling tinggi di sebelah kanan jalan. Yess.. itu dia bukitnya. Bukit yang terlihat hampir gersang, tapi cocok buat pemula yang jarang olah raga. Pemandangan dari atas bukit juga lumayan bagus, menurut saya pribadi sih, hehe.

Sabtu, 16 October 2016, kami memulai perjalanan menggunakan mobil dan sampai disana sekitar jam 10.20 pagi. Dikarenakan di sana ga ada lahan parkir, kami sempat beberapa kali bolak balik untuk mencari tempat yang aman. Akhirnya kami menumpang di depan halaman rumah warga yang terletak di sebelah kiri jalan, di belakang sebuah bangunan kecil berpintu hijau ala ala pintu ruko. Sebelum melangkahkan kaki lebih jauh, kami berdoa sejenak, tepat jam 10.30 pagi kami mulai berjalan kaki. Untuk menuju kaki bukit, kami melewati kandang ayam yang letaknya berseberangan dengan tempat parkir.

Pemandangan Pantai Kandap dilihat dari atas bukit
Bukit Kandap dilihat dari jalan
Jalan Trans Barelang, in frame : Eka Dewi


Dikarenakan bukit ini bukan tempat pendakian umum, terkadang kami harus menembus pepohonan, ranting kering serta batang kayu yang sudah tumbang. Hati hati ya guys dalam melangkah, karena banyak juga pohon tumbang yang batangnya sudah keropos alias lapuk. jangan lupa bawa topi karena udara di atas sangat panas, terkadang angin hanya berhembus sesekali, bawa air dan bekal secukupnya, jangan sampai kehabisan tenaga buat yang ga pernah berolah raga, jangan lupa sarapan dan jangan begadang. Maapin yah kalo kebanyakan ngasi tau jangan begini jangan begitu, soalnya akoh ga mau kamu sakit ato kenapa kenapa ^-^.

Cekrek bareng Asad, Zack, Me, Eka Dewi

Sekitar 20 menit pertama perjalanan masih terasa wajar dengan cuaca yang lumayan adem, sampai saatnya mendaki menuju tempat yang lebih tinggi, mulai terasa gerah guys. Akhirnya kami mencari tempat yang lapang untuk beristirahat minum dan memakan sedikit bekal, anggap saja ini adalah pos satu ala-ala. Setelah dirasa cukup, kamipun melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit tanpa jalur, istilahnya main seruduk aja, eeaaaaa. Pemandangan dari atas sini bagus guys, kalian bisa melihat pemandangan Pantai Kandap yang letaknya persis berada di depan mata. Lautnya berwarna hijau tosca karena cuaca saat itu sangat cerah.

Asad & Zack

Dan sampailah kepada saat yang berbahagia yaitu turun bukit, dikarenakan jalur belum jelas, untuk turunpun kami memilih jalan lain yang lebih miring dari jalan pertama karena jalannya lumayan pintas. Alhamdulillah selamat, sehat wal'afiat dan ga jatuh. Mamacih yah buat sahabat akoh yang udah mau luangin waktunya mendaki bukit bareng, walaupun sepanjang perjalanan kerjaan kami bertiga cuma cengengesan, kecuali si Eka D, di awal perjalanan dia yang paling semangat ketawa sambil nyanyi-nyanyi, di tengah perjalanan mukanya merah kayak udang rebus dan terus-terusan istighfar karena belum sampe puncak, pas pulang turun bukit si Do'i muntah gegara ngelewatin kandang ayam yg super duper bau, wkkkkkk..

My Travelmate :
1. Asad Saputra - www.livejournalofasad.com
2. Zacka Mega   - www.zackamega.com
3. Eka Dewi      - www.journaleka.com

20 komentar:

  1. Keren ya view dari atas... dulu awal-awal di Batam pernah penasaran pengen nyoba naik ke bukit ini.. tapi lama-lama malah lupa hahaha...
    Baru inget lagi pas kalian posting foto-foto kemaren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy maen ke Bukit Kandap Mba, biar ga penasaran. Btw ya, katanya ada bekas peninggalan bunker Jepang loh di Bukit Kandap, tapi ga tau disebelah mananya.

      Hapus
  2. cieee yang sekarang jalan2 nya pake mobil terus..jadi mainnya yang jauh2***eeehhh:):)hahahah ..andai saja ranting2 pohon didepan itu tidak ada ya..pasti lebih cakep viewnya...secara garis pantainya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, kebetulan aja ada mobilnya kak, jalan jauh juga masih sering pake motor, hehe. pengennya juga ga ada ranting-ranting tapi yaaaa, mo begimana lagi ^-^.

      Hapus
  3. eaaa...next trip gunung mana lagi nih, eh bukit mana ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukit Tempayan yuk Sad, kita coba, hahaha..

      Hapus
  4. Pemandanganya josssssss gan :D

    BalasHapus
  5. Dulu pas lagi semangat2nya explore, pengen daki ke sana eh nggak ada kawan mulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah banyak temennya teh, ayok explore bareng, hehe..

      Hapus
  6. hahahaha ngos-ngosan saya naik bukit, di tambah ngk pernah olahraga, plus begadang dan ngk sarapan. tapi kalian hebat kasih semangat sampai bisa mencapai puncak bukit, peluk sayang satu-satu hahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangi tubuhmu sist, rutin olah raga, jangan begadang, harus sarapan dan jaga kondisi badan, minum vitamin jangan lupa ^-^. sinih peyuk, besok cari tempat baru lagi yah.

      Hapus
  7. pemandangannya indah banget ya,,

    BalasHapus
  8. wahh keren banget pemandangannya, apalagi dari atas sana..

    BalasHapus
  9. Wah blusukannya ngerih :D tapi bagus juga pemandangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkk, lagi kehabisan akal cari tempat main di Batam, akhirnya kesana deh.

      Hapus