Bagaimana Cara Update Firmware Xiaomi Yi SN25L?

Desember 29, 2016 Eka Handa 0 Comments

Hai hai..

Postingan ini gue bikin supaya pas ada yang ngeliat, bisa bantuin problem yang gue alami. Jadi gini, gue baru beli kamera Xiaomi yi untuk kedua kalinya karena kamera gue yang pertama dicuri pas pulang liburan di bagasi bandara. Problemnya adalah SN kamera gue yang baru ini adalah SN25L, sementara firmware yang tersedia di website xiaomi itu cuma sampe SN23S.

Berdasarkan googling tengah malam, gue dapat info katanya SN25L bisa pake firmware 22L atau 23L, berhubung kamera gue yang lama adalah SN23L, jadi gue langsung copy dan update firmware di kamera baru gue. Jeng jeng.. pas udah separoh update, lampu indicator power yang awalnya biru berubah jadi merah, uhuk.. Setelah gue matiin kamera, idupin lagi, lampunya masih merah. Opsi selanjutnya adalah ganti batre, hasilnya tetep sama, bahkan indikasi daya batre juga terlihat 0%, uhuk. Tapi walaupun indikasi daya batre 0% dan lampunya jadi merah, fungsi wifi ga terganggu dan bisa tetep connect ke kamera, batrenya juga masih bekerja dengan semestinya.

Nah, yang jadi pertanyaan gue, apakah kamera gue brick? setau gue brick itu adalah kondisi dimana kamera terus kedap kedip ngeluarin suara, sementara kamera gue gak begitu. Ada yang tau gimana caranya supaya indicator daya batere xiaomi yi bisa normal kembali? Namanya juga idup yah, coba dicoba, klo ga bisa ya berarti bukan rejeki, hehe. Siapa tau ada yang bisa bantu? bantuin orang berpahala loh. 


Cara Update Firmware Xiaomi Yi manual
Nah, buat kalian yang baru punya kamera dan pengen update firmware xiaomi yi secara manual, berikut adalah panduannya. Perhatikan serial number yang ada dibagian dalam kamera, ada 6 kategori SN yaitu, 22, 22L, 23, 23A, 23L dan 23S. Pertama tama yang kalian butuhkan adalah:

1. Kamera xiaomi yi
2. Micro SD card class 10
3. Laptop/PC
4. Batre yang terisi minimal 50%

Langkah mengupdate firmware:

1. Kunjungi situs http://www.xiaoyi.com/update/sports?lang=en-us untuk update firmware, perhatikan serial numbernya, lalu pilih yang sesuai sama serial number kamera kalian, lalu download, setelalah download selesai, rename filenya jadi firmware.bin  

2. Sambungkan kamera kalian ke laptop lalu copy file firmware.bin tadi ke SD card, penting diingat, jangan copy file firmware kedalam folder, copy diluar folder.

3. Pasang sd card dan batre, hidupkan kamera seperti biasa, akan ada bunyi beep beep dalam waktu kurang lebih satu menit, saat proses beep beep berjalan, jangan panik dan langsung mematikan kamera karena proses update firmware sedang berjalan. Setelah proses selesai kamera akan mati dengan sendirinya. Artinya firmware sudah berhasil terpasang.

4. Hidupkan kamera seperti biasa dan kamera kalian sudah ready untuk digunakan.

Cara ini udah dua kali gue lakuin ke kamera gue yang pertama dan kamera baru temen gue, so far semua oke, semoga bisa bermanfaat juga buat kalian ^-^. 

0 comments: