Rencana Hemat Berwisata ke Pulau Belitung

Agustus 10, 2017 Eka Handa 14 Comments

Pulau Belitung, hal pertama yang muncul dalam benak saya adalah itu negerinya Laskar Pelangi. Sejak tempat itu dijadikan lokasi syuting film yang diambil dari kisah novel karya Andrea Hirata pada tahun 2008, mendadak para wisatawan berbondong bondong berkunjung kesana. Belitung pada awalnya dikenal sebagai Kota Timah itu sekarang berganti julukan menjadi pulaunya Laskar Pelangi. Gimana nggak ya guys, soalnya view disana itu cakep banget.

Untuk menuju pulau Belitung hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Jakarta menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara H.A.S Hanandjoeddin yang terletak di Tanjung Pandan. Destinasi wisata Belitung yang paling mendominasi adalah wisata bahari, jadi buat yang pengen jalan-jalan kesana harus perhatikan waktu terbaik buat berkunjung supaya liburannya lebih berkesan. Musim kemarau antara bulan Maret sampai Juni adalah waktu yang pas untuk mengunjungi Pulau Belitung. Langit terlihat biru dan ombak juga tidak terlalu kencang.

Selain menawarkan keindahan pantai berpasir putih, Belitung juga menawarkan keindahan yang sangat jarang ditemukan di tempat lain. Belitung mempunyai bebatuan granit berukuran raksasa dengan berbagai bentuk yang unik. Lautnya hijau tosca berpadu warna biru. Berikut beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Pulau Belitung.

Pulau Lengkuas
Meskipun pulau ini merupakan pulau terjauh tapi tetap menjadi tujuan utama para wisatawan. Banyak kegiatan menarik yang bisa kita lakukan di Pulau Lengkuas seperti bermain pasir, berenang, snorkeling, menikmati keindahan pulau sambil menyantap segarnya kelapa muda, mendaki bebatuan besar, atau menaiki mercusuar setinggi 70 meter yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Mercusuar ini masih berfungsi sampai sekarang untuk navigasi kapal yang keluar masuk Tanjung Binga.
Pulau Lengkuas, sumber foto : paketwisatabelitung.id

Pulau Batu Berlayar
Pulau ini disebut Pulau Batu Berlayar karena susunan batunya terlihat tegak berbaris seperti deretan layar pada sebuah perahu, tinggi bebatuan ini sekitar 10 meter dan letaknya berada di tengah laut. Untuk mencapai lokasi, bisa menggunakan boat dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit .
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai ini diapit oleh dua semenanjung yaitu Tanjung Pendam dan Tanjung Kelayang. Jaraknya sekitar 37km dari pusat kota Tanjung Pandan. Pantai ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi karena keindahannya. Terdapat berbagai macam ukuran batu granit di sini, mulai dari yang kecil hingga ratusan meter kubik. Pantai ini membentuk lekukan busur dengan diameter sekitar 100m.

Danau Kaolin
Danau Kaolin terbentuk akibat proses penambangan kaolin, sejenis tanah liat halus berwarna putih yang digunakan sebagai obat, bahan kosmetik hingga cat. Warna danau ini sangat biru dan mempesona, saat cuaca bagus warnanya terlihat sangat biru. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari bandara untuk mencapai lokasi.

Nah, karena keunikan inilah saya berencana untuk berlibur ke Pulau Belitung. Seperti pejalan pada umumnya, sebelum pergi pasti saya akan meluangkan waktu untuk mencari tahu mengenai beberapa tempat tujuan wisata, transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, tiket pesawat, booking hotel, kuliner daerah setempat dan oleh oleh apa saja yang harus dibeli.


Untuk menuju suatu tempat wisata, yang paling mahal itu biasanya tiket pesawat sama hotel. Kalo biaya hidup selama liburan sih ga terlalu berat. Andalan saya dalam memilih tiket pesawat selalu di Traveloka karena paling murah diantara yang lain. Dulunya untuk hotel dan tiket pesawat saya selalu membeli secara terpisah, lumayan menghabiskan waktu, uang dan tenaga juga sih, namanya juga budget traveler, tentunya lebih selektif dalam memilih, hehe.

Setelah bikin rencana liburan dan buka aplikasi booking pesawat, eh ternyata sekarang ada yang praktis, bisa booking tiket pesawat dan hotel secara bersamaan dan pastinya lebih hemat dari pada pesan secara terpisah. Proses pembayaran juga mudah dan bisa bayar dibeberapa tempat. cring criiing. Uang diskon serta kelebihan lainnya bisa dialihkan untuk beli oleh-oleh atau memikmati jajanan kuliner setempat. Buat kalian yang pengen liburan hemat tanpa ribet, cuss berlibur hemat ke Belitung, makasih Traveloka sudah membuat segala sesuatu jadi lebih praktis.


14 komentar:

  1. ayuuuuk kita kebelitung....belum pernah ni kesini...pengen kedanau kaolin nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok kak direncanain biar pergi bareng, pengen banget naik ke Mercusuar Pulau Lengkuasnya, hehe.

      Hapus
  2. Pulau lengkuas keren binggo, rasa pengen nyebur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Opi, lautnya jernih banget. Apalagi kalo liat pemandangan dari atas mercusuarnya, duh ga bisa berkata apa-apa lagi deh.

      Hapus
  3. Belitung emang cakeeeep! Apalagi kulinernyaa.. Selalu bikin kangen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah pengen banget nikmatin suasana makan bedulang kayak mba Dee lakuin di Belitung looh.

      Hapus
  4. Cakep ya. Yuk ah

    Eh btw sekarang traveloka buka paket ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess cakep Roy, ntu buat beli tiket pesawat sekalian booking hotel.

      Hapus
  5. Ocre nih tempatnya. Belitung pulau Laskar Pelangi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke banget kak, yuk dijadwalin pergi bareng, hehe.

      Hapus
  6. Wah enak ne ke Belitung. Kapanya bisa kesana
    Tapi di Belitung gue lebih tertarik dengan museum Andre hinatanya sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung dulu Tian. Hehe, tiap orang punya minat masing-masing, mana yg asik aja dijalani dulu.

      Hapus
  7. Masya Allah..
    Weisss pemandanganya.. kalau ada rejeki diusahakan kesana mbak :D

    BalasHapus