Khazanah Plaza Hadirkan Bazar Syariah Demi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Sesuai Syariat Islam

September 04, 2017 Hijab Traveller 2 Comments

Khazanah Plaza adalah satu-satunya market place yang berkonsep syariah di Batam. Lokasinya sangat strategis karena terletak di Jalan Sudirman, bersebelahan dengan Masjid Sukajadi. Di tempat ini terdapat banyak toko busana muslim sekelas butik. Selain toko busana muslim dan supermarket, di sini juga terdapat Halal Foodcourt. Segala jenis bahan dan makanan siap saji di Khazanah Plaza dijamin kehalalannya.

Yang membedakan Khazanah Plaza dengan pusat perbelanjaan lainnya adalah, semua karyawan perempuan, penjual makanan, baju atau barang lainnya memakai hijab. Setiap terdengar suara azan tanda waktu masuknya sholat, semua toko akan tutup sementara. Tidak ada yang menjual rokok dan minuman keras. Selain berkonsep halal, pengelola juga berkomitmen untuk ikut berbagi dengan kaum dhuafa. Keuntungan yang diperoleh akan dibagi untuk kesiatan sosial dan pendidikan.

Mulai tanggal 29 September 2017, pihak Khazanah Plaza akan menghadirkan bazar syariah demi meningkatkan ekonomi khususnya untuk masyarakat Kota Batam. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pertumbuhan ekonomi Kepri saat ini sedang melemah. Pak Muhammad Fajri Nasution selaku General Manager Khazanah Plaza memberikan beberapa pernyataan mengapa pihaknya ingin melaksanakan kegiatan Bazar Syariah.


Photo by : menix.com

Menjalankan Ekonomi Sesuai dengan syariat Islam
Berdagang dan beternak adalah dua hal yang dianjurkan dalam Islam untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Memupuk nilai khazanah (nilai nilai kebaikan) dan trust-ability (Kepercayaan dan kejujuran) dari masing-masing pihak.

Membantu Para pelaku Usaha
Dengan diadakannya bazar ini, diharapkan bisa membantu para pelaku usaha yang sudah tidak bekerja pada perusahaan untuk bangkit. Jika mereka memilih jalan menjadi bos untuk usaha mereka sendiri, artinya ia bisa mempekerjakan orang lain yang sedang butuh bantuan.

Walaupun bazar ini berkonsep syariah, bukan berarti penjual non muslim tidak diberi kesempatan. Semua bebas berdagang dengan catatan menjual produk yang halal. Produk yang dijual juga tidak dibatasi, bisa berupa makanan, obat-obatan, produk kerajinan tangan dan fashion. Sistem yang ditawarkan adalah bagi hasil sebesar 10%. Dari sinilah penjual diuji nilai khazanah dan trust-abilitynya.

Tertarik Bergabung dalam Bazar Syariah?
Pihak pengelola menyediakan tenda berukuran 5x5 meter selama acara berlangsung. Para peserta cukup membayar 300rb untuk biaya pendaftaran. Gratis biaya listrik, gratis biaya kebersihan dengan catatan, para penjual juga mengontrol areanya masing-masing karenaaaaa akan ada penilaian dari pihak pengelola.

Pedagang dengan stan paling banyak pendapatannya, area paling bersih, kreatif, menarik perhatian para pengunjung dan pihak pengelola akan mendapatkan Award Best Booth. Gimana caranya biar menarik? para pedagang harus menyulap masing masing area. Misalnya buat yg berdagang makanan, sediakan tempat duduk dan meja serta mendekorasikan tendanya supaya pengunjung merasa nyaman berbelanja.

Satu lagi nih yang penting bagi para pedagang, sediakan payung sebelum hujan. Karena gelaran acara berlangsung pada bulan berakhiran BER yang identik sama musim hujan. Buat yang tertarik mendaftar bisa hubungi no di bawah ini ya.

Informasi dan pendaftaran:
Ibu Neneng         - HP 082172798300
Pak Suprihatma  - HP 082285852328

2 komentar:

  1. aku mau jualan hijab lah kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia boleh banget kak, ntar jangan lupa, stannya dihias biar menarik pengunjung. Siapa tau juga bisa dapat award Best Booth.

      Hapus