Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2017

Oktober 18, 2017 Eka Handa 10 Comments

Pemerintah Kota Tanjungpinang akan menyelenggarakan event Dragon Boat Race mulai tanggal 20-22 October 2017 dari jam delapan pagi sampai selesai. Acara ini adalah salah satu dari rangkaian Festival Bahari Kepri 2017 yang sudah dimulai sejak tanggal 13-22 October. Dragon Boat Race merupakan salah satu event pariwisata tetap yang ada di Kota Tanjungpinang dan termasuk dalam event Pariwisata Unggulan Provinsi kepulauan Riau. 

Sejak tahun 2002, Tanjungpinang International Dragon Boat Race sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang. Dan untuk tahun 2017 ini sudah yang ke-16. Sejak terbentuknya Kota Otonom Tanjungpinang dan tahun ini adalah tahun ke-11 para petarung memperebutkan piala Bergilir Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Namun jauh sebelum itu kegiatan dragon boat race telah dilaksanakan sejak 1992 dengan nama Bintan Dragon Boat Race.

Pemindahan tempat dari pantai kota Tanjungpinang ke perairan Sungai Carang bukan tanpa alasan. Sungai Carang memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan pantai Tanjungpinang. Di Sungai Carang, arus air yang relatif normal, tidak memiliki ombak, dan tidak terganggu oleh gelombang kapal. Sungai Carang juga memiliki jalur lomba yang cukup untuk sebuah pertandingan berstandar internasional.

Melalui event Tanjungpinang International Dragon Boat Race di Sungai Carang ini, di samping sebagai ajang pertandingan bidang keolahragaan, juga merupakan jejak rekam sejarah masa lalu yang harus dititipkan semangat kebahariannya kepada generasi sekarang ini. Agara lebih mencintai dan meningkatkan potensi pariwisata daerah sendiri.

Sebagai daerah kepulauan, yang memiliki laut dan sungai, tentunya kegiatan ini mencerminkan dan betapa masyarakat tanjungpinang, telah mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada, untuk menunjang program pemerintah di bidang pariwisata kemaritiman. Ayo saksikan event bertaraf internasinal ini. 




10 komentar:

  1. Event kece ini, simpan jadwalnya biar gak ketinggalan nontonnya

    BalasHapus
  2. Pasti pesertanya banyak babang kece. Nonton yukss kita kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkkk, semoga ada yg nyangkut ya dek.

      Hapus
  3. Dari pelabuhan menuju sungai carang bisa pake angkutan umum kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kak, tapi cuma sampai jembatan aja. Ga sampe ke lokasi acara karena agak masuk ke dalam lokasinya.

      Hapus
  4. acaranya seruuuuu, semoga tahun depan ada lagi

    BalasHapus