Kenali Bahan jilbab yang Nyaman Dipakai

May 21, 2018 Eka Handa 15 Comments

Di jaman sekarang ini, hijab merupakan kebutuhan papan wanita yang dibutuhkan oleh berbagai generasi mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai ibu-ibu. Bahkan sekarang penggunaan hijab sedang marak-maraknya, apalagi untuk anak remaja. Terbukti di sosial media, sampai ada istilah ootd (Outfit of The Day) untuk mereka yang berhijab. Selain ootd hijab untuk sehari-hari, ada juga loh ootd kondangan untuk hijab. Nah saking maraknya, ada banyak akun khususnya di instagram yang mengoleksi berbagai foto.

Akan tetapi, dalam menggunakan hijab harusnya yang nyaman dipakai dan bikin percaya diri, bukan? Kenyamanan dalam menggunakan pakaian, khususnya hijab dapat dilihat dari model hijabnya, bahan jilbab yang sesuai dengan cuaca, dan bahannya nyaman saat digunakan. Jadi, bahan dari sebuah hijab juga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kenyamanan dalam beraktivitas. Oleh karena itu, kita seorang pengguna hijab harus mengenali terlebih dahulu bahan jilbab yang nyaman dipakai.
Sumber foto: Bukalapak

1. Hycon 
Hycon adalah kain yang akhir-akhir ini sering digunakan oleh anak remaja. Bahannya sendiri tidak licin, lembut, memiliki serat kain rapat, halus, bahannya jatuh, dan tidak mengembang. Ketika menggunakan hijab dari kain tersebut, bisa memakai ciput didalamnya. Biasanya hycon dibuat untuk model syar’I dengan model two layer atau double hycon.

2. Voile
Sifatnya hampir sama dengan hycon yang halus dan lembut. Hijab dari kain ini, nyaman digunakan karena halus dan lembut serta cocok digunakan saat siang hari karena kain voile ini ringan, menyerap keringat dengan baik, dan memungkinkan udara diantara lipatan jilbab dan bukan bahan yang lengket.

Bahan dari voile sendiri terbuat dari kapas tetapi ada juga yang menggunakan bahan dasar rayon, sutra, maupun polyester. Karena bahannya tidak lentur sehingga pada bagian leher susah untuk dibentuk dan sulit untuk dikreasikan dan mudah robek, oleh karena itu harus berhati-hati saat menggunakannya.

3. Katun
Hijab dengan bahan tersebut tergolong halus dan nyaman dipakai untuk sehari-hari. Akan tetapi sulit untuk dikreasikan karena katun memiliki sifat agak kaku dan tebal. Namun, kain katun sendiri dapat menyerap keringat, halus, nyaman dan dingin sehingga cocok dipakai sehari-hari meski di siang hari. Perawatannya pun tidak terlalu sulit karena tidak mudah kusut, berbulu, dan luntur. Selain itu penggunaannya bisa diberbagai acara santai, kantor, atau bahkan ke pesta.

Ada beberapa jenis katun yang biasa digunakan, yaitu kain katuncombeddan dan katuncaded. Kain katuncombed lebih halus seratnya, sedangkan kaincaded serat benangnya kurang halus dan rajutannya kurang rata. Bahannya sendiri terbuat murni dari 100 % kapas alami sehingga menjadikan kain ini halus, dingin, nyaman dan mampu menyerap keringat dengan baik.

4. Wolfis 
Kain tersebut merupakan salah satu bahan kain yang sering digunakan untuk hijab seperti segi empat, pashmina, dan syar’i. Bahannya sendiri termasuk jenis bahan yang premium karena harganya relatif agak mahal. Sifatnya sendiri tergolong kain yang mudah jatuh, tidak menerawang karena lebih tebal dari sifon, tidak mudah kusut, tidak mengkilap, tidak panas dan sangat nyaman bila dipakai. Tentunya hal ini sebanding juga dengan harganya yang relatif mahal.

5. Twiscone
Bahannya mirip sifon, akan tetapi lebih tebal, berat dan bertekstur halus, sehingga tidak menerawang.Twiscone juga tidak menimbulkan bau tidak sedap meskipun kamu berkeringat. Biasanyatwiscone digunakan untuk hijab model segi empat atau pashmina.

So guys, itulah kelima bahan jilbab yang nyaman dipakai sehari-hari. Selamat mencoba.

15 comments:

  1. hehe wah cakep nih bahannya warna warni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar seger mata yang memandang jadi warnanya yang cerah ^-^.

      Delete
  2. Yang difoto kayaknya bahannya lembut-lembut itu, thanks tips nya ya sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembut, jatuh dan nyaman dipakai kak ^-^.

      Delete
  3. Saya milih kerudung lebih ke bahan yang nyerap panas, biar gak ketombeaan. Biasanya kaos atau katun gitu ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting nyaman dipake ya kak ^-^.

      Delete
  4. AK paling suka wolfis nyaman dipakai... AK juga paling suka segi empat... Soalnya utk resi OK, santai pun OK...

    ReplyDelete
  5. nah bahan hycon ini yg mmg saya suka untuk jilbab sehari hari
    klu untuk khimat sy suka wolfis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keduanya nyaman dipakai Uni, bahannya pun ga bikin panas si pemakai ^-^.

      Delete
  6. Baik kak, nanti pamer ke istri kalo eike sudah ngerti bahan-bahan hijab.. aw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aw aw aw, wkkkk. Lumayan ada sedikit kemajuan.

      Delete
  7. oh gitu ya kak. enar aku info kawan kawan aku yang cewe akh. buat referensi mereka yang mau beli jilbab

    ReplyDelete
  8. Aku pemakain hijab berbahan wolfis, aku suka karena kainnya jatuh, jadi mau dibentuk apapun tetap keliatan oke. tak mentup kemungkinan juga pakai bahan yang lain, tergantung acaranya apa dulu

    ReplyDelete
  9. Aku biasanya katun..karena simple dan memang gak pandai juga mau digaya gayain, tapi kadang juga pakai jenis yg lain...yg penting enak dipakai

    ReplyDelete