Wednesday, April 26, 2017

Mencicipi Makanan Rumahan Khas Medan di Kedai Kak Tari

Bulan April biasanya identik sama cuaca yang bersahabat dan asik buat melakukan berbagai aktivitas, tapi April 2017 ini rasanya agak beda. Intensitas hujan yang turun tanpa bisa diprediksi bikin beberapa aktivitas sebagian orang jadi terganggu. Tapi yang namanya hujan ga melulu bikin gue jadi hilang mood mau ngapa-ngapain sih, banyak hal juga yang bisa dilakuin saat hujan, contohnya nikmatin berbagai kuliner. Pilihan gue di pertengahan bulan April adalah mencicipi makanan khas Medan, kebetulan ada salah satu tempat makan yang baru buka dan jaraknya deket banget sama rumah.

Lontong dan Misop Medan. Cuma dua nama masakan itu yang gue tau, hehe.. Maklum sih ya, gue emang kudet sama nama-nama masakan khas Medan. Jadi saat ada ajakan dari temen untuk mencicipi makanan khas Medan, gue langsung okein. 9 April 2017 gue beserta beberapa temen dari Blogger Kepri nyempetin buat kumpul-kumpul sambil makan siang di salah satu deretan cafe yang bersebelahan dengan SPBU Vitka Tiban, ga jauh juga sama Batam Tourism Polytechnic. Namanya Kedai Kak Tari, dari pintu masuk SPBU langsung belok kiri aja guys, kedainya yang nomor 6.

Aneka makanan khas Medan di Kedai Kak Tari 

Kedai Kak Tari menyediakan masakan rumahan khas Medan, diantaranya adalah Misop Medan, lontong Medan, Sate Kerang, Pecel Medan, Kwetiaw Goreng Medan, Nasi Goreng Kak Tari dan Ikan Sambal Andaliman. Hmmmm, andaliman ini baru beberapa tahun terdengar dikuping gue. jadi guys, andaliman adalah salah satu bumbu khas Batak yang bentuknya mirip merica. Rasanya pedas dan bakal bikin lidah merasakan sensasi kelu atau seperti disengat aliran listrik ringan, bikin ketar ketir deh pokoknya. Selain menyediakan makanan berat, Kedai Kak Tari juga menyediakan makanan ringan, yaitu Pisang Goreng keju, Spaghetti Bolognaise (home made sauce), French Fries, serta Kue Lupis. Harga makanan ringan dari 10rb-18rb, makanan berat dimulai dari harga 14-16rb.

Saat itu gue pesen misop dan es pokat kocok, rasanya ajib guys. Cocok banget dah, pas perut laper, cuaca dingin, ditemani rintik hujan, makannya yang panas, trus minum yang dingin, aseeek. Gue juga ga ketinggalan nyicipin sambel andaliman. Nyesss, rasanya emang beda dari rasa cabe atau merica, seperti yang gue bilang diatas, bikin ketar ketir. Untuk minuman, tersedia es cendol, es tape, es alpokat, martabe (marquisa terong belanda), ice lemon tea, pinnaple smoothie, pinky lychee smoothie, lime & mint, dan berbagai macam juice. Harga minuman dipatok mulai dari harga 6rb sampai 16rb guys. Masih cocok dong ya sama harga kantong ^-^.

Jus Martabe dan Es Pokat Kocok di Kedai Kak Tari.

Usai menyantap makanan berat, saatnya mencicipi kue lupis. Asli guys, enak bangeeett. lupisnya lembut dan rasa kuah gula merahnya gurih, rasanya cucok banget dilidah. Kue lupis ini salah satu makanan favorit gue. Jadi, makanan seperti lontong dan kue lupis yang biasanya cuma tersedia di pagi hari untuk sarapan, mulai sekarang bisa kalian nikmati kapanpun kalian mau, entah itu siang, sore atau malam, asik banget kan. Tinggal datang ke Kedai kak Tari.

Kedai Kak Tari bukanya dari jam 11 siang - 10 malam guys. Buat kalian yang kangen masakan Medan, main-mainlah ke sini, biar rasa kangen kalian terobati. Makanan di Kedai Kak Tari ini halal loh guys. Nah, selain beberapa nama masakan khas Medan yang gue sebutin diatas, masih ada satu lagi nih yang bikin gue pesaran sama rasanya. Kak Chaya yang punya blog www.catatantraveler.com pernah ngomongin soal mie gomak yang rasanya tuh bikin do'I berasa kayak lagi makan makanan surga, otomatis bikin gue penasaran pake banget. Kapanlah kau ajak adekmu ini makan mie gomak kak? penasaran kali aku sama rasanya, suwer tekewer-kewerlah pokoknya.


30 comments:

  1. Wah mantep kak :D
    Jus alpukatnya menggoda tuh. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Rasanya emang juara. Aku aja uda beberapa kali kesana engga bosan

    ReplyDelete
  3. keren dan kayaknya menarik ya menu nya, kapan kesana lagi? ajak aku ya ka

    ReplyDelete
  4. Akhirnya berhasil icip kedai Kak Tari juga kemaren. Terus pas cerita-cerita tau dari teman2 blogger, eh, malah ga mau dibayar dan diganti promosiin aja. Hehehe Alhamdulillah, rezeki tak terduga.

    Jus martabenya enak banget yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yah, rejeki blogger soleha 😊.

      Delete
  5. Wakakaka.. Jadi kapan kita kulineran dengan menu mie gomak? Atau yuk kapan atur waktu ke rumahku, aku buatin dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weekend kak, cari mie gomak paling enak, penisirin nih sama rasanya. Buatin juga dink mienya biar makin tambah rasa 😋.

      Delete
  6. Ya ampun... lontong MEDAN itu menyelerakan sekali... isinya pasti lengkap mulai dari sayur gulai, sambal teri, taoco, mie, kerupuk, dll.. NYAMMMIIIII

    ReplyDelete
  7. Rasa Lontongnya itu Khas Banget ,.. jadi pengen kesana lagi nih kak

    ReplyDelete
  8. Pecel Medan gimana rasanya ya? Saya taunya pecel itu dari Jawa!

    ReplyDelete
  9. Mau nyicip sambal andaliman kak, penasaran....
    ama lupis nya jugakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain Tam, ketar ketir deh tu lidah, hehe. Lupisnya juga endes bangeeet.

      Delete
  10. Mau nyicip sambal andaliman kak, penasaran....
    ama lupis nya jugakk

    ReplyDelete
  11. Jus alpokat kocok. Jadi ingat masa kecil sering bikin alpokat kocok sendiri.
    Etapi..kaktusnya gak diserut juga kan Ka? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkkk, apaan kaktus. Pokatnya aja kak, endes binggow.

      Delete
  12. Jus alpokat kocok. Jadi ingat masa kecil sering bikin alpokat kocok sendiri.
    Etapi..kaktusnya gak diserut juga kan Ka? hehe

    ReplyDelete
  13. Ikan sambal andalimannya ngangenin.. Pengen balik lagi nyobain sayur ubi tumbuk ama sambal bilisnya..

    ReplyDelete
  14. kmaren ksana belum sempat icip ikan goreng itu, ngiler lihatnya

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah nyoba sambal andaliman... semoga memang ada waktu mampir kedai kak tari...minat banget nak coba lontong nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok barengan kita makan di Kedai Kak Tari, recomended kak.

      Delete
  16. Baru tahu saya singkatan dari
    Martabe...

    Btw nice ceritanya.
    Tfs

    ReplyDelete