Sunday, September 25, 2022

Menyambangi Kota Mandiri Terbesar di Batam (Nuvasa Bay) Lewat Blogger Gathering

Dua tahun pandemi Covid menjengkali langkah kaki, 
menghambat langkah bepergian kesana kemari. 
Namun Covid punya pengaruh tersendiri, 
mampu menggerakkan pangsa pasar kian meninggi. 
Cakeeeep.


Pengaruh digitalisasi semakin berkembang, seiring pesatnya pembangunan di kota besar di seluruh dunia, baik dalam skala besar mau pun kecil. Pengaruh tersebut juga turut saya rasakan, khususnya di Kota Batam.

Salah satu bidang yang tak pernah berhenti berkembang adalah bisnis properti. Selain untuk memenuhi standar kenyamanan, tentunya berinvestasi dalam bidang properti lebih terjamin, harga bersaing bahkan bisa naik dari tahun ke tahun. 

Semakin banyak perusahaan berlomba untuk menjadi penyedia hunian yang mengedepankan kenyamanan dengan tawaran fasilitas lengkap dan menarik bagi penghuni, salah satunya adalah Sinar Mas Land. Sebuah perusahaan yang terkenal kaya pengalaman, dan sudah malang melintang dibidang bisnis Properti selama lebih dari 40 tahun.


Project Sinar Mas Land

Sinar Mas Land beroperasi melalui tiga perusahaan terkemuka, dan menjadi yang terbesar dalam bidang properti: PT. Bumi Serpong Damai, Tbk (BSDE), PT Duta Pertiwi, (DUTI), dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS). Ketiga perusahaan ini memiliki nilai saham lebih dari US$ 3.7 milyar. 

Proyek yang telah dibangun Sinar Mas Land meliputi proyek pembangunan kota, perumahan, proyek industri dan komersial, pusat perdagangan, serta kawasan hotel, resort dan golf. Tak hanya di Indonesia, Sinar Mas Land juga memiliki properti di kancah internasional seperti Inggris, Malaysia, Singapore dan China.

Salah satu proyek paling sukses dari Sinar Mas Land adalah Bumi Serpong Damai (BSD) yang dikenal sebagai perumahan kota paling sukses di Indonesia. Selain BSD City, proyek pembangunan Sinar Mas Land juga secara merata merambah ke beberapa kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta Pusat, Balikpapan, Bekasi, Cibubur, Makassar, Manado, Medan, Samarinda, Semarang, Surabaya dan Batam.

Melalui program CSR bertajuk Plastic to Food, Sinar Mas Land mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah Plastik. Sampah yang sudah terkumpul kemudian dipilah menjadi dua kategori, yaitu sampah berkualitas rendah dan tinggi. Pengumpulan sampah tersebut bisa ditukar menjadi beras untuk meningkatkan ketahanan pangan Masyarakat di BSD City. Semoga program tersebuat bisa mulai juga di tempat lain, khususnya Kota Batam.


Nuvasa Bay (The New Face of Batam)

Berbicara tentang Sinar Mas Land dan kebetulan saya berdomisili di Batam, tentunya saya sangat tertarik membahas tentang Nuvasa Bay. Salah satu proyek yang sedang dibangun di tepian pantai Nongsa. Nuvasa Bay adalah kota mandiri atau kota satelit pertama di Batam. Nuvasa berasal dari kata “Nu” (new) “Vasa” (face) dalam artian, "NUVASA" new face (wajah baru) of Batam.

Hunian prestisius ini digadang menjadi “Kota Mandiri” terbesar di Batam sekaligus “Kota Mandiri” dengan konsep resort pertama di Indonesia. Secara keseluruhan, luas wilayah Nuvasa Bay 230 hektar. Nuvasa Bay menawarkan keindahan alam dengan pemandangan pantai alami sepanjang 1,2 kilometer, berlatar gedung pencakar langit Singapore dan dikelilingi hijaunya lapangan Golf Palm Spring serta hutan mangrove Kawasan Nongsa.

Secara bertahap Kawasan Kota Mandiri ini akan selesai dalam jangka waktu 15 tahun. Titik awal proyek dimulai sejak tahun 2017. Tahap pembangunan dibagi menjadi tiga bagian. Terdiri dari hunian (Apartment, Rumah Tapak dan Tanah Kavling). Tinggal di dalam kawasan ini membuat penghuni merasa seperti berada dalam nuansa liburan setiap hari. Selain hunian berkonsep resort, kawasan ini dilengkapi dengan Apartment, hotel berbintang, eco resort, floating resort, club house, lapangan golf, rumah sakit, senior living yang merupakan hunian bagi pensiunan, edu centre, serta area hiburan. 

Tha Nove "Nuvasa Bay"

The Nove Residence
Terbagi menjadi fase 1 dan fase 2. Hunian ini berkonsep One Stop Service. Dengan berbagai fasilitas penunjang yang berada di dalamnya.  Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar dan berada di ketinggian 20 meter di atas permukaan laut dengan view 360 derajat menghadap lapangan golf, danau, laut yang indah dan hijaunya hutan mangrove alami.

The Nove Residence memiliki 3 tower apartment yang diberi nama Kaina (laut), Kalani (langit) dan Kahua (hijau). Dengan perpaduan ciamik antara lautan, langit dan hijaunya pemandangan. Otomatis dopamin meningkat, menciptakan rasa damai, tenang serta kebebasan tanpa batas dalam sekali waktu.

Per September 2022 ini, satu dari tiga tower sudah siap huni, yaitu Tower Kaina. Mempunyai total 10 lantai, dibangun pada tahun 2017, rampung dibulan April 2021 dan sudah terjual 97%. Untuk Apartment, ada tiga jenis pilihan yang ditawarkan, Tipe Studio (Studio Type). Untuk Apartment ada tiga jenis pilihan yang ditawarkan, tipe studio (Studio Type), tipe satu kamar tidur (One Bedroom Type) dan dua kamar tidur (Two Bedroom type).

Exclusive Sky Garden

Sedangkan Tower Kalani, saat ini sudah terjual 70%, direncanakan akan rampung dan siap terima kunci di bulan Desember 2022. Tower Kalani menjadi tower paling tinggi diantara dua tower lainnya. Keistimewaan lainnya adalah, tower ini mempunyai Sky Garden dan Infinity pool.

The Nove fase 1 juga mempunyai rumah dan kavling, lokasinya berdekatan dengan kawasan ekonomi digital seluas 8 hektar yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Citra Mas Group. Kawasan ini terdiri dari kantor, ruko komersial, dan fasilitas pendukung seperti ritel, F&B, ruang kerja bersama, hotel bisnis, dan fasilitas umum. Untuk informasi tambahan, biaya UWTO Nuvasa Bay sudah dibayar sampai tahun 2046. Jadi, sudah tertarik ingin punya Apartment di Batam?


Bekerja atau Sekolah Digital Purwadhika di Nongsa Digital Park? Bisa!
Sekali mendayung, dua, tiga pulau terlampaui. Belajar sambil liburan, tentu bisa dilakukan di kawasan ini. Selain sederet fasilitas penunjang, Nuvasa Bay juga mengelola beberapa gedung di kawasan Nongsa Digital Park. Ada dua gedung yang disediakan untuk co-working space, sangat cocok untuk perusahaan start up yang hanya memiliki beberapa karyawan, bahkan tetap bisa dijalankan walau hanya mempunyai seorang karyawan. 

Untuk co-working space, semuanya sudah full furnished dan dilengkapi berbagai fasilitas, cukup datang dan mulai bekerja karena semua sudah disediakan. Untuk penyewaan mulai dari harga 1.500.000 per satu set meja.

Purwadhika merupakan sebuah lembaga pendidikan di Indonesia yang berfokus di bidang pendidikan teknologi digital.  Satu hal yang menarik dari Purwadhika adalah kelas Bootcamp. Saat ini Purwadhika sudah hadir di Batam khusus untuk seluruh program Job Connector yang berlaku seumur hidup. Dengan kata lain, saat habis kontrak, Purwadhika akan mencarikan tempat kerja baru untuk kamu.

Job Connector sangat diminati karena dengan program ini kamu berkesempatan mendapatkan koneksi pekerjaan ke 500+ hiring partner Purwadhika di seluruh Asia. Selama bulan September Purwadhika memberikan potongan sebesar Rp27.750.000, sekaligus mendapatkan fasilitas akomodasi tempat tinggal, dan makan siang gratis selama belajar. Bahkan kamu juga berkesempatan mengikuti Tech Office Tour ke Singapore yang didukung oleh Singapore EDB, khusus untuk 25 pendaftar pertama.


Batam Blogger Gathering Bersama Nuvasa Bay

Bukan kacang sembarang kacang
Kacang dibeli di warung Bang Jay
Bukan datang sembarang datang
Kami datang, nak berkunjung ke Nuvasa Bay
Aseeeek...


Sambal terasi dimakan siang hari
Ikan kembung digoreng kering
Dari mane awak dapat informasi
Tentulah dari Batam Blogger Gathering
Cakeeeepp....

Tiga tahun berlalu saat kami mendatangi proyek konstruksi Tower Kaina, tak terasa sekarang sudah tahun 2022. Tower megah itu kini berdiri kokoh. Bak gayung bersambut, kami pun mendapat informasi dari Mas Haris Maulana untuk melihat kondisi terbaru Tower Kaina. Tanpa pikir panjang, aku pun mengikuti kegiatan tersebut. Saatnya kembali melepas rindu bersama teman Blogger, pikirku.

Minggu kedua di bulan September, walau sempat diguyur hujan, ku sempatkan diri untuk bertemu kembali para Blogger Kepri. Mereka yang walau kadang jauh tapi cukup memberi motivasi agar tetap menekuni bidang menulis, walau tak menjadi seorang ahli, yang penting punya sesuatu untuk dikenang dikemudian hari. 

Walau hujan turun sepanjang acara, kami cukup senang karena bisa bertemu satu sama lain. Ah, ada rasa haru dalam hati, masih diberikan kesempatan untuk bertemu lagi, masih diberikan umur panjang untuk saling menginspirasi. Setelah mendengarkan pemaparan dari Raichan Bohari (Head of Sales & Promotion) dan Atika Sunarya (Head of Corporate Communication) dari Sinar Mas Land, dilanjutkan dengan acara kuis untuk Twitter dan Instagram, lalu berlanjut dengan showing unit. 

Acara cukup padat, dan kami juga berkemsempatan mengunjungi Nongsa Digital Park, lanjut makan siang dan pengumuman hasil pemenang kuis. Selamat untuk teman-teman dan terima kasih Nuvasa Bay sudah berbagi dan menyebarkan hal positif ini.

Summary Blogger Gathering

Tahun 2019 saya mengenal konsep kota Mandiri (Nuvasa Bay) yang menambah pengetahuan saya, tentang hunian beserta fasilitas lengkap yang terhubung satu sama lain di dalam satu Kawasan. Tahun 2022 saya mendengar sebuah inovasi, cukup terketuk dan muncul simpati. Bahwa Sinar Mas Land sangat memberikan manfaat berarti. Melalui program corporate social responsibility (CSR). Aplikasi aspal berbahan plastik daur ulang dan Program Plastic to Food di BSD City. 

Dan satu hal yang perlu diperhatikan, Palm Springs Golf dan Sea Forest Adventure adalah bagian dari fasilitas yang disediakan Nuvasa Bay. Akhir kata, Terima kasih untuk Sinar Mas Land yang sudah memfasilitasi Blogger Gathering dalam kesempatan ini.



Nuvasa Bay
Jl. Hang Lekiu, Sambau, Kecamatan Nongsa, 
Kota Batam, Kepulauan Riau 29465
Web: https://www.nuvasabay.com
Phone: (0778) 761666



1 comment: