Journey Malaysia (Day 2, KL *Bukit Bintang - Batu Caves - Genting Highland - Batang Kali*)

September 13, 2013 Hijab Traveller 4 Comments

Assalamualaikum wr wb..

Cerita hari kedua berlanjut ^-^
Agenda dihari kedua adalah jalan-jalan ke Batu Caves dan Genting Highland, masih ngantuk siiihhh, tapi perjalanan harus tetap dilanjutkan. Setelah keluar dari penginapan, kami rada kaget ngeliat jalanan yang tadi malamnya rame. Dipagi hari langsung berubah jadi jalanan yang sepi tak berpenghuni. Sebelum melanjutkan perjalanan kami singgah sebentar untuk sarapan, setelah kenyang kamipun melanjutkan petualangan dengan berjalan kaki untuk menuju stasiun KL Sentral. Setelah bertanya pada orang yang sedang lalu lalang akhirnya sampai juga, destinasi pertama adalah Batu Caves. Harga tiket pergi dijual seharga RM 1, sedangkan tiket harga pulang dari Batu Caves ke KL Sentral dijual seharga RM 2, kenapa bisa beda ya?? ah entahlah..
Jalan sekitaran stasiun KL Sentral saat pagi hari


Singkat cerita, sampailah kami ditempat tujuan. Batu Caves sendiri adalah sebuah perbukitan yang ramai dikunjungi karena memiliki kuil di dalam gua sebagai tempat beribadah umat Hindu. Untuk mencapai kuil, kita harus mempersiapkan diri untuk menaiki 272 anak tangga. Benar-benar sesuatu yang rempong cyiiiinnn, ditambah lagi cuaca yang sangat terik, matahari saat itu bersinar terlalu gagah berani menantang tipisnya kulit kami. Selain memiliki kuil didalam gua, Batu Caves juga memiliki patung besar bernama patung Dewa Murugan, patung tersebut dilapisi dengan cat emas yang didatangkan langsung dari Thailand.
 
Baru sampe Batu Caves, klik.. jadi deh poto si Chai, Eka, Yanti, Agus
kalo ga pengen cape dan rempong.. kalian bisa narsis aja di depan patung Dewa Murugan, ga perlu naik tangga ngos-ngosan.. tapi ga seru juga kalo udah datang tapi ga ngeliat isi dalam gua.

Nih pengalaman pada saat naik tangga, cape banget yah? eeeeeaaa, secara kita bakal naikin 272 anak tangga, ditambah lagi dengan kondisi kaum perkotaan seperti kita-kita yang jarang banget berjalan kaki, apa lagi naik bukit, ditengah teriknya matahari lagi. Asli cyiiiiiinnn, pegel. Rasa pegelnya ga berasa pada hari itu sih, terasanya baru sehari setelahnya. Rasanya komplit, betis jadi serasa mengeras, bokong jadi pegel -______- dll, dsb, dst.. bayangin aja sendiri.. cakiiidh..

Setelah sampai di puncak ya kita pada seneng doong bisa ngeliat pemandangan dari atas, bisa ngeliat bebatuan yang runcing dari dalam gua, bisa ngadem sebentar.. tapi yang ga enaknya tuh monyetnya rada ganas minta makan, trus ada bau-bau taee kelelawar gitu.. bikin ga nyaman. Setelah puas mandangin isi yang ada didalam gua, kami pun langsung capcuss menuruni anak tangga lagi, jalan kaki lagi, nutup-nutupin muka lagi, pandang-pandangan lagi, ketawa tiwi lagi, pokoknya lagi dan lagi deh..

Batu Caves selesai, saatnya pulang kembali menuju stasiun KL Sentral, setelah sampai kami pergi mencari tempat penjualan tiket bus menuju Genting Highland, sembari mencari-cari, Alhamdulillah yaaa, dapat beli pashmina buat kenang-kenangan meskipin cuma sehelai. Back to the ticket to Genting. Nyarinya rada lama karena tempat penjualan tiketnya tersembunyi, jadi kalo kalian lagi disana, jangan ragu untuk bertanya, supaya langsung tepat sasaran, ga perlu muter-muter nyari tempat penjualan tiketnya.

Harga tiket ke Genting, Bus + skyway seharga RM10.3 oke fine, tiket sudah di tangan, tapi perut juga udah minta diisi lagi. Akhirnya kami membeli burger king seharga RM6.5 setelah itu kami mengejar bus, hahaha.. ga lengkap juga rasanya kalo ga lari-lari. Nasib kami hari itu cukup baik, setelah berlarian dan sampai ke dalam bus, baru nyadar kalo kami adalah penumpang terakhir, pas pula tempat duduknya untuk 4 orang. Bapak-bapak yang ngantri tiket bus dibelakang kami harus puas untuk menunggu jadwal bus selanjutnya, kalo ga salah sih jadwal selanjutnya jam 5 sore..

Perjalanan dari KL Sentral menuju Genting memakan waktu sekitar 1 jam, setelah itu kita diberhentikan disebuah tempat untuk melanjutkan perjalanan menaiki skyway atau cable car, Astagaaa, setelah menaiki beberapa eskalator, kami disuguhkan dengan pemandangan yang sumpek. Antrian panjang, ada dedek bayi, anak balita, remaja belasan tahun, bapak-bapak, ibu-ibu, om-om, tante-tante, nenek dan kakek, beserta rombongan mereka. Belom antri udah eneg duluan, mana capek naik turun tangga belom ilang. Sekarang mesti ikutan ngantri lagi berdiri hampir dua jam. Komplit lah, asem banget rasanya.. 
Noh cable carnya.. ngelewatin hutan, sunyi sepi. Naiknya sih cuma sebentar.. tapi ngantrinya hampir dua jam, cape' banget chuy.

Setelah menaiki cable car, sampailah kami di Genting Highland. Salah satu tempat wisata kebanggaan Malaysia, seneng?? ya pasti lah, tapi sayangnya cuaca pas kami sampai kesana kurang dingin, jadi kurang berasa gtu kalo lagi di atas pegunungan. Saat sedang asyik menikmati suasana, lagi-lagi kami diingatkan oleh waktu yang mepet. Mau jalan-jalan mengitari tempat wisata susah chuy. Hhari menjelang malam, akhirnya kami mutar-mutar seadanya. Ngeliat sejarah pembangunan Genting dan berfoto. Lalu balik lagi ke tempat antrian buat turun dan beli tiket. Harga tiket sekali jalan adalah RM6.. lagi-lagi pemandangan sumpek, naudzubillaaaahhh.. lebih parah antrian pulang.. seeeeet dah... panjang bangeeeeettt -_________-


Antrian yang melelahkan itu sudah kami jalani, saatnya turun. Kondisi cable car pada saat mau turun sangat minim cahaya karena tidak tersedia lampu. Jadi kita cuma bisa pasrah mana tau ada sesuatu yang secara ga sengaja keliatan.. plaaaakk.. *digampar pengunjung* asli deh. Auasana hening, gelap, serem, kaya lagi ada uji nyali naikin kereta gantung ditengah hutan. Setelah sampai ketempat pemberhentian bus, ternyata tiket bus menuju KL sudah habis.Oh my, cobaan banget. Mau nginap dimana?? bertanya pada taxi, plak.. Ongkos pulang ke KL dibandrol seharga RM50 per orang. Taxi itu langsung kami blacklist dan ternyata bukan hanya kami yang tidak kebagian tiket pulang ke KL, masih ada yang lain. Sip.. berarti kami masih punya teman luntang lantung, hehe.

So.. terjadilah pergantian dialek bahasa.. demi kelangsungan hidup 4 orang manusia

Kite semue dah penat tau tengah malam tu, tapi kite tepandangkan awok Malay tengah cakap-cakap ngan pak cik yang bawak teksi. Jadi kawan I ni sorong-sorong I suruh tanye ngan diorang tu.. jadi I maju lah tanye ngan abang-abang tu.. Abang ni nak balek kemane? die cakap nak balek Batang Kali.. Kat mane tu bang, jaoh tak? die kate tak jaoh.. bla..bla..bla.. I tanye lengkap-lengkap pasal penginapan, mesjid, halte bas.. semuenye I tanye. Then kite orang sepakat nak tumpang taxi yang abang tu pesan. Cukup bayar RM50 saje untuk 4 orang.. Alhamdulillah.. ALLAH masih sayang ngan kite. Dari pade balek KL kite mesti selok kocek dalam-dalam tauuu.. RM 200.. belom pasti lagi nak tido kat mane. Jdi bise save RM150 untok kami berempat, suke3x..

Pak cik tu anta kami ke Hotel budget Batang kali, kami pon dah penat.. abes bayar deposit ngan room kami pon langsong lepak lah.. Someone beli KFC, kami makan betige sebab seorang lg dah berlayar tidur. But, rase sambal die tak sedap lah.. manes betol.. kalau chicken resepi die OK lah, memang sedap, tapi macam tak best karne sos de manes.. Habes makan kami pun gosok gigi.. siap-siap and then pegi tidoooooo.. selesai cerite hari kedue.. sambong ke cerite selanjutnye e kawan-kawan..

Note: Batang Kali tidak termasuk dalam list liburan kami, bahkan ga pernah terlintas akan namanya waktu lagi liat peta, so, Batang Kali adalah bonus buat liburan ke Malaysia ^_^

*To Be Continued*

4 komentar:

  1. Pernah ke sini, tapi buat catatan perjalanannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaak, tiap orang ke Malaysia pasti udah pernah ke tempat-tempat wisata yang disebut diatas ya bang ^-^

      Hapus
  2. ya ampun jadi ingat masa2 itu...

    BalasHapus