Snorkeling di Pulau Abang Bersama Galang Bahari

November 20, 2016 Eka Handa 28 Comments

Yeay, welcome holiday..

Minggu, 13 November 2016 gue beserta Blogger Kepri berangkat menuju ujung Barelang untuk bersnorkeling ria bersama Galang Bahari. Jam 8.05 wib kita udah berkumpul di Top 100 Aji Stone baca Batu Aji dan langsung berangkat menuju Pulau Galang, pelabuhan PT. PARI. Dalam perjalanan, cuaca kelihatan mendung, gelap, suram, untungnya muka gue ga pernah muram, eaakk. 

Ditengah perjalanan, hujannya sempet datang keroyokan guys, deras banget, gue sempat mikir entah apa jadinya acara snorkeling kami ini -____-. Untungnya hujan berhenti saat kami sampai di pelabuhan. Dua buah boat sudah siap sedia mengantarkan kami ke rumah singgah yang berada di Pulau Nguan. Sebelum snorkeling dimulai, kami berkumpul di Pulau Nguan untuk mendengarkan briefing dari Bang Zack, tentang apa yang harus dan tidak harus kami lakukan. Sebelum naik ke atas boat, kami juga diwajibkan memakai life jacket untuk keselamatan.

Nemo di Pulau Abang

Di Rumah singgah, selain mendengarkan briefing, kita juga langsung diperkenankan mengganti pakaian dan membawa barang seperlunya aja. Yang menjadi point pentingnya adalah:

1. Dilarang membuang sampah sembarangan
2. Dilarang merusak ekosistem laut, misalnya menginjak karang.
3. Dilarang membawa pulang nemo atau hewan lucu yang ada dilaut.

Selain beberapa larangan diatas, kalian juga harus menggunakan sepatu karet atau fin ya guys, ini gunanya untuk melindungi kaki kalian dari bulu babi. Bulu babi adalah salah satu binatang laut yang bentuknya bulat berduri panjang dan berwarna hitam, kalau terkena durinya itu sakit banget dan bikin kalian jadi ga mood buat ngelakuin aktivitas.

Mendengarkan pengarahan dari Bang Zack

Pose bersama sahabat livejournalofasad.com, journaleka.com, zackamega.com

Pulau Ranoh

Lokasi pertama yang kami tuju adalah pulau Ranoh, Pulau Ranoh cakep guys, pasir putihnya halus dan banyak pohon kelapanya. Di pulau ini kita akan memilih perlengkapan snorkeling dan mulai belajar beradaptasi dengan peralatan yang disediakan, cara mengambil nafas di air dan cara berenang bagi yang belum pernah melakukan aktivitas snorkeling. Buat yang belum pernah snorkeling, tenang aja guys, disini kalian bakal ngerasa aman deh, karena guidenya udah pada lulus sertifikasi dan yang paling gue suka disini adalah pemandunya banyak, jadi gue ga ngerasa was-was dan mereka pada care sama peserta yang mereka bawa. Kenapa gue bilang kayak gitu? karena beberapa kali gue snorkeling sempat dilepas gitu aja, sampai keselek minum air, suwer tekewer kewer deh guys, sampai batuk, wkkkk.

Babang guide lagi ngejelasin fungsi alat snorkeling


Dikarenakan gue udah pernah snorkeling, jadi yah gue ngacir sendirian, sambil nyemplungin action cam buat pertama kalinya setelah 4 bulan gue beli. Setelah dirasa cukup, semua peserta dipersilahkan untuk menaiki boat dan menuju ke spot snorkeling pertama yang terletak di Pulau Dedap. Spot pertama ini lumayan dalam, ketinggian air sekitar 3-4 meter. Kemudian kami lanjut ke spot snorkeling yang kedua, disini kita bisa melihat beberapa terumbu karang yang ditanam oleh PT. Ecogreen. Disini kita juga bisa melihat anemonnya ada yang berwarna biru guys, cakep deh.

Siang menjelang, kami bersiap-siap menuju daratan Pulau Dedap untuk makan siang. Menu hari itu adalah ikan gulai asam pedas, sayur kacang panjang dengan kerupuk ikan, kerupuknya enak guys ^-^. Buat yang badannya pegel atau kelelahan bisa tidur-tiduran disini, asik deh. 

Pulau Ranoh

Selesai beristirahat dan makan, kami menuju spot ketiga, yaitu pulau Abang. Terumbu karang disini kelihatan super duper jelas pake banget guys, ini spot paling bagus dari kedua tempat yang kami kunjungi tadi, ketinggian air sekitar 1-2 meter. Ow ia, disini ada dua jenis ubur-ubur loh guys, satu yang bisa dipegang, satunya lagi ga boleh. Kalau kalian nemu ubur-ubur, tanyain dulu sama guidenya, bisa dipegang apa nggak.

Di Pulau Abang ini gue ngerasa free banget, pasalnya gue nyoba beberapa kali nyelam meskipun kadang dibantu biar turunnya cepat, pas udah stabil, gue ngerasa seperti ngefly, ternyata gini rasanya kalo udah free dive. Asli deh, gue seneng banget. Buat kalian, sebaiknya nyobain berenang dan nyelam dulu, biar tau gimana asiknya ^-^.

Nemonya malu malu meong






Udah, gitu aja? 
weeeh, tenang guys, masih ada lagi kok.

Selesai snorkeling di Pulau Abang, kita kembali lagi ke Pulau Ranoh untuk menikmati pantai dan minum air kelapa, tentunya lapar juga yaq, tinggal minta belahin kelapa aja guys sama abang guide yang siap sedia membantu keperluan kalian, nyam nyam, daging kelapanya enaaakkk. Setelah itu kami bersiap menuju Pulau Nguan untuk berbilas dan mengganti pakaian.

Buat yang laparnya suka ga ketulungan, di rumah singgah juga menyediakan pop mie seharga 7rb, kamu udah bisa mengisi perut lagi. Disini juga disediakan teh dan kopi. Ow ia sampai lupa, sepanjang perjalanan juga kalian bakal disediakan air minum, jadi ga perlu khawatir kehausan guys.

Pembagian kelapa di Pulau Ranoh

Buat yang pengen snorkeling kaya gue, kalian bisa langsung menghubungi Bang Zack atau Bang Sani. Tarif normal paket ini seharga Rp 280 ribu per orang dewasa. Dengan membayar segitu, kalian bisa mendapatkan fasilitas transportasi laut pergi-pulang dari Pelabuhan PT. Pari, satu set alat snorkeling, makan siang, teh atau kopi, air mineral, permen, kelapa muda, serta guide bersertifikasi. Selain itu, kalian juga bisa nginap dirumah singgah guys, untuk biayanya, kalian tanyain aja langsung sama bang Zack. Akhir kata, wassalam guys. 

Galang Bahari Wisata 
Zack : 085264634106
Sani  : 081219544538

IG  : @pulauabangtrip
FB : https://www.facebook.com/galangbahariwisata/?fref=ts

Saatnya pulang dengan boat menuju Pulau Batam

Senja dibalik Pulau Nguan


28 komentar:

  1. Duh puas banget jalannya kemarin terlebih jalan bareng orang2 terdekat maren hehe. Wah aq dah takut aja waktu eka bilang ada ubur2 itu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu.. Hahaha, aku udah parno duluan Sad, untungnya itu ubur-uburnya ga berbahaya.

      Hapus
  2. Baru seminggu udah kangen aja pengen balik sana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa, aku juga kangeeeeenn, hehe..

      Hapus
  3. kece ya perjalanan kalian, sayangnya Babang gak ikut kmren 😰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kita pergi bareng yuk babang, snorkeling kemana gitu, hehe..

      Hapus
  4. Seru banget ya acara bedol desa kita kemaren... Kayaknya emang bagus kalo kita sering-sering piknik begini ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serunya pake banget mba, suasana jadi meriah walaupun cuaca rada mendung ^-^

      Hapus
  5. wuih keren... sygny tiap jadwal k batam blogger kepri selalu ga ad agenda ngumpul

    BalasHapus
    Balasan
    1. One day pasti ada Yuk, belom pas timingnya, semoga nanti pas kunjungan Ayuk selanjutnya kita bisa seru-seruan bareng, aamiin ^-^.

      Hapus
  6. kalo punya camera underwater snorkeling gak sia2..... karena bisa capture keindahan bawah laut :) senang bisa bersama kalian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, so pasti kak, semuanya pada rame jadi asik ^-^

      Hapus
  7. asseekk snorkeling kece ke pulau Abang bikin ketagihan ye

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, ia bikin ketagihan karena dekat juga, masih disekitar Batam kak ^-^.

      Hapus
  8. Wah pengalaman yang seru gan :D
    ane malah belum pernah main ky begituan. Hehehe..
    asyik ya habis ceburan nyantap kelmud. :D
    Ohh ya maaf baru bisa follback blognya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyesss, seru banget mas, buruan main ke laut ^-^.
      Makasih udah follback.

      Hapus
  9. Asik ya yang bisa nyelem.... :D
    Tapi kemaren kok saia nggak ada liat ubur - uburnya ya? Waaaah, harus kesana lagi nih kayaknya biar nemu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, masih dalam tahap belajar, nyelamnya juga masih ala ala. Ubur uburnya di spot terkahir yang di Pulau Abang say, pas ngeliat pertamanya aku kaget dan langsung berenang menjauh, pas diliat ama abang guide katanya ga bahaya, baru deh mendekat, wkkkk..

      Hapus
  10. Eka pandai banget nyelam begitu. Duh saya mah belum berani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bisa nyelam karena sering latihan teh, cuss belajar nyelam biar bisa foto ala ala, wkkkk.

      Hapus
  11. pemandangan bawah lautnya keren banget..

    BalasHapus
  12. keren, pamandangan bawah laut pantai-pantai di indonesia memang kece semua,.

    BalasHapus
  13. Banyak nemo lucu2 ... jadi kangen main di laut lagi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucunya kayak kamu ya kak, cusss main ke laut lagi ^-^

      Hapus