Dari Malang ke Banyuwangi Naik Apa?

Desember 28, 2016 Hijab Traveller 2 Comments

Pertanyaan ini sering banget muncul pada saat orang akan mengunjungi suatu tempat, termasuk gue. Saat liburan gue selesai di Batu Malang, tentunya gue akan move ke suatu tempat liburan yang baru. Yap, tujuan selanjutnya dari perjalanan gue adalah Banyuwangi. Banyuwangi merupakan wilayah pertama dari tanah Jawa yang merasakan sinar mentari pertama kali karena letaknya di timur pulau Jawa. Kami ber 6 akan melakukan perjalanan ke Kawah Ijen yang mendunia, disana terdapat fenomena blue fire yang cuma ada di dua tempat di Dunia, yang satu di Kawah Ijen dan satunya lagi ada di Iceland. Nah, sekarang pertanyaannya adalah, dari Malang ke Banyuwangi naik apa?

Ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh supaya bisa sampai ke Banyuwangi via Malang, cara pertama adalah dengan menaiki kereta api, cara kedua adalah dengan menggunakan bus. Awalnya rombongan gue pengen naik kereta api, tapi tempat duduknya penuh dikarenakan libur panjang. Selesai makan seadanya, gue, Zack, Asad dan Rian meninggalkan barang bawaan bersama Joko dan Eka D di warung makan. Dengan langkah cepat kami langsung masuk kawasan terminal dan pergi ke konter tiket.

Usai bertanya, terdapat dua pilihan lagi, melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang rutenya ke Bali dan nantinya kami diturunkan di Pelabuhan Ketapang dengan biaya 150rb dapat fasilitas makan malam atau naik bus ke Probolinggo dengan biaya 30rb kemudian lanjut mengambil bus tujuan Banyuwangi dengan biaya 35rb. Setelah bertanya sama pak supir, jam berapa bus berangkat dan estimasi sampai di Ketapang jam berapa, sang supir menjelaskan kalau kita berangkat jam setengah 7 malam dan sampenya di ketapang sekitar jam 3 pagi mba. Akhirnya kami berunding dan menjatuhkan pilihan untuk menaiki bus tujuan Probolinggo yang beberapa menit lagi akan berangkat.

Langkah kaki kami percepat untuk kembali ke warung makan sambil memberi info ke Eka D dan Joko, sambil berlarian kecil akhirnya kami ber 6 menaiki bus. Jam 4.40 sore waktu setempat, kami berangkat dari Malang, perjalanan memakan waktu sekitar 3,5 jam untuk sampai ke terminal bus Bayuangga-Probolinggo dan kami tiba sekitar jam 8.10 malam. Sambil menunggu kedatangan bus untuk membawa kami ke Banyuwangi, kami menyempatkan diri untuk makan malam.

Jam 8.30 malam kami melanjutkan perjalanan kembali menggunakan bus Mila. Saat itu kami masih optimis bisa mencapai Banyuwangi sebelum jam 1 malam, tapi faktanya kami sampai sekitar jam 3 pagi. Jadi total perjalanan kami dari Malang ke banyuwangi adalah sekitar 10 jam. Seandainya kami menaiki bus tujuan Bali yang akan diturunkan di pelabuhan Ketapang, lebih parah lagi, kami akan sampai ketempat tujuan sekitar jam 5 pagi. Rencana yang sudah tersusun akhirnya mundur satu hari dikarenakan jalanan macet. Kemanakah kami akan pergi? tunggu cerita selanjutnya yaq.

Bus Mila, Probolinggo - Banyuwangi

2 komentar:

  1. duuuhhhh yang ngaret dijalan ini lah bikin rencana bisa berubah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kak, bener banget, rencana yang udah disusun jadi dirubah, tapi mau diapain lagi -______-

      Hapus