Snapseed - Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Wajib Kamu Miliki

Februari 14, 2017 Hijab Traveller 20 Comments

Traveling menjadi salah satu hal paling penting untuk mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Salah satunya itu penyakit hati, hehe.. Dengan mengunjungi tempat yang pemandangannya indah, otak menjadi fresh dan pemikiran kita sedikit terbuka dan ga bakal mikirin dan kepoin kehidupan orang lain, karena hidup kita aja jadwalnya udah padat, hehe. Selain itu kita juga akan lebih mensyukuri nikmat sehat dan sedikit rejeki yang Allah berikan untuk modal jalan-jalan dan melihat keindahan yang telah diciptakan.

Sebagai anak yang simple dengan berbagai kebutuhan, gue juga suka berbagi tempat indah sama temen-temen gue. Dan kali ini gue bakal share aplikasi edit foto terbaik yang bikin gue jatuh cinta, soalnya fitur yang ditawarkan nyaris lengkap, mereka terus memperbarui aplikasinya dan itu gratis alias free. Siapa sih yang ga bakal tergoda ya kaaaann?

Okay, tanpa basa basi, langsung gue kenalin sama aplikasi edit foto yang ciamik itu ya guys. Namanya adalah Snapseed, kalian bisa langsung download di playstore. Kenapa mengedit foto bisa jadi bagian penting dalam sebuah foto? karena ga semua orang bisa ngeluarin duit dan membeli gadget canggih dengan harga selangit yang bisa bikin foto cling cling, cerah dan warnanya cetar. Karena hukum "yang mahal lebih bagus itu emang nyata adanya", hehe. Jadi aplikasi penolong ini cocok banget buat pengguna gadget dengan harga menengah. Untuk urusan saturation, brightnes, shadows etc, bisa kita atur sedemikian rupa.

Alasan classic setiap orang adalah pengambilan foto yang miring, terkadang saat kita fotoin orang, hasilnya bagus alias balance kiri kanan, atas dan bawah. Tapi pas giliran kita diambilin, objek foto jadi miring. Hehe, jangan buru-buru kesel guys, karena itu bisa diperbaiki kok dengan aplikasi.

Berikut adalah hasil dari editan snapseed.


Hasil foto setelah di edit, menegaskan warna dan menambah kesan tajam pada foto 

Foto asli sebelum di edit

1. Saturation, brightness, contras.
Open foto -> Nah disini kalian pilih foto yang mau di edit, lihat ke kanan bawah ada tanda pen, klik, lalu muncul beberapa tools. Untuk yang simple, klik tune image -> sentuh layar, akan muncul 7 jenis pilihan seperti saturation, ambience, shadows etc. Atur sesuai pilihan kalian, lalu klik tanda centang dipojok kanan bawah. Untuk mempermudah, gue bakal kasi contoh, foto pertama gue pake tools Tune image sama details.



2. Perspective
Tools yang satu ini fungsinya untuk meluruskan hasil foto yang diambil. Hasil foto yang baik adalah sesuatu yang balance antara kanan, kiri, atas dan bawah, tidak memotong object utama pada foto. Itu menurut gue sih, yang masih newbie dalam jepret jepret foto, hehe. Untungnya ada yang begini di snapseed, jadi foto gue ga kebuang percuma, eaak..

Sebelum di edit, gambarnya kelihatan miring. Setelah melalui proses perspective, tarik sana sini. Akhirnya foto bisa jadi lurus, penonton yang ngelihat juga kepalanya ga perlu miring-miring, hehe. Lihat di foto pertama

Ada empat pilihan untuk menyeimbangkan foto, pilih yang menurut kalian paling pas.

3. Warmth
Warmth atau suhu pada foto, bisa kalian adjust juga. Jika foto di alam terbuka, dan cuaca terlalu panas atau silau, hasil foto akan terlihat menguning. Hal itu bisa kita siasati dengan mengurangi suhu pada foto. Contohnya untuk foto dibawah ini, diambil saat cuaca lagi panas-panasnya, diatas cuaca normal. Kebetulan saat itu cuaca lagi extreme, take foto di jam 5 sore, panasnya sama pas kayak jam 12 siang.

 Foto yang belum di adjust
Foto sesudah di adjust

Akhir kata, wassalam. Tulisan ini gue dedikasikan buat yang suka nanya, gimana sih Ka, cara ngedit foto yang bagus? 

Gue bukan pro, tapi gue disini masih belajar, berhubung ada yang nanya dan gue tau jawabannya, ya gue bagiin, semoga apa yang gue share bisa bermanfaat ^-^.

Btw, masih ada satu lagi sih kegunaan snapseed yang belum sempat gue bagi, yaitu healing. Besok bakal gue update dah. bye bye..

20 komentar:

  1. Lengkap banget, romantis banget sama snapseed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ga semua orang pro, jadi masih ada yang kagok, minta dijelasin secara detail, hehe..

      Hapus
  2. Boleh dicoba ni.... Tq ulasannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir dimari mba Menix, hehe..

      Hapus
  3. Boleh dicoba ni.... Tq ulasannya....

    BalasHapus
  4. nah... aku juga suka pakai, emang kece ini aplikasi hehe

    BalasHapus
  5. Nah ini mau download snapseed lupa-lupa terus haha. Thanks Eka udah ngingatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download teh, biar tambah cetar fotonya. Sami sami ^-^.

      Hapus
  6. Oh jadi ini rahasia dibalik semua foto foto ig mu yang super kece itu

    BalasHapus
  7. Aku juga suka pake snapseed buat edit foto biar lebih tajem, setajem nyinyiran mak Ices, huahahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nyinyirannya tajem, cubit aja mulutnya mba, wkkkk..

      Hapus
  8. Tau aplikasi ini dari teman Couchsurfing. Hasilnya keren untuk lansekap. Tapi belum pernah cobain, apalagi download. wkwkwkw

    BalasHapus
  9. aku juga jatuh cinta sama snepseed...

    BalasHapus
  10. Tulisan yg menarik.
    Boleh di coba nich..

    BalasHapus
  11. Makasih mas, cobain deh.

    BalasHapus