Cara Mudah Menaikkan Level Local Guide

Januari 10, 2018 Eka Handa 25 Comments

Suka jalan-jalan dan berbagi informasi?

Mulailah bergabung menjadi contributor local guide melalui aplikasi google maps. Kenapa? Selain membantu orang menemukan lokasi terbaru akan sebuah tempat, kamu juga akan dibantu oleh orang lain dalam mencari sebuah alamat melalui aplikasi google maps. Selain itu ada beberapa keuntungan jika menjadi contributor, pengen tau? yuk baca sampe habis tulisan ini.

Gue mulai bergabung menjadi contributor google maps sejak April 2017. Awalnya suka kesel, ini apasih gmaps ngasi notif mulu? sering gue abaikan. Pas lagi rajin, gue mulai membuka aplikasi gmaps.  Ngikutin petunjuknya, upload foto, mengulas tempat, jawab pertanyaan dan lain lain. Eh tanpa terasa gue mulai ketagihan.

Mengapload foto di gmaps ada nagih senengnya gitu saat view foto lo meningkat setiap harinya, hehe.. Selain itu, para contributor juga mendapat point dan badge. Ada 10 level dalam google local guide. Antara level 1 sampai level 3 tidak mendapatkan badge. Setelah level 4, baru si contributor mendapat badge, dimulai dari angka 250 point. lalu pertanyaanya, gimana sih cara naikin point? nih baca dibawah.

Cara meningkatkan point local guide
Perbanyak review tempat, ditambah dengan postingan foto. Setiap foto akan medapatkan 5 point. makin banyak foto yang diunggah, makin cepat point bertambah. Selain foto, kalian juga bisa mengunggah video pada review. Sebuah video akan mendapatkan 7 point.

Menjawab berbagai pertanyaan tetang tempat yang sudah dikunjungi, meskipun nilainya hanya 1 point setiap pertanyaan. Tapi setiap satu tempat memberikan hampir 20 pertanyaan atau lebih. Jawabannya simple, kita hanya perlu menjawab, ya, tidak atau tidak tahu.

Manandai tempat/membuat lokasi baru. Bagi para penjelajah, ini hal yang menarik. Selain jalan-jalan juga bisa menambahkan lokasi baru yang jarang dikunjungi orang. Dengan cara menjatuhkan pin, menentukan lokasi akurat dari GPS, kita akan mendapatkan 15 point.

Interaksi Tanya/jawab. Pada sebuah postingan review, para pengguna bias mengajukan pertanyaan. Setiap pertanyaan dan jawaban akan mendapatkan 3 point.

Saat ini gue sudah mengumpulkan 6155 point pada level 7. Kirain gue local guide cuma buat upload, review tempat dan berbagi informasi doang. Ternyata Local Guide ga sekejam itu kok, hahaha. Ada reward juga buat para contributor. Lumayan juga loh, gue pernah dapat diskon 50% menginap di Airy Room. Mendapat potongan belanja di Zalora dan mendapatkan voucher red bus. Karena gue tinggal di Batam, jadi ga kepake voucher busnya.

That's all I have about local guide. Kalo kamu, udah level berapa? dan apa aja sih yang kamu dapat dari local guide? share dong.
Viewer Local Guide


Level dan point local guide


Jumlah point per posting


25 komentar:

  1. Aw, eike baru level 6. Cekrek, upload, cekrek, upload...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dinaikin lagi levelnya, eaaak. Cekrek upload, cekrek upload ^-^.

      Hapus
  2. Aku br level 5..lamaaaa kali naiknya.. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naiknya lama, kalo ga semangat. Yuk jelajah sambil take banyak foto, eaaakk.

      Hapus
  3. aku gak pernah update lagi local guide..kayaknya cuma sekali doang, waterpark top 100 lepas tuh tak pernah lagi..nyerah lah..karena memang tak semua aplikasi bisa di kerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kerjakan apa yang kita sukai aja kak. kalo yang lain menyusul, namanya bonus, seperti dapat diskonan ^-^.

      Hapus
  4. Wah aku baru level 3 mbak. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk yak yuuuuuk, dinaikin levelnya. Apalagi Mas Eksa tinggalnya di Jawa, harusnya bias cepat naik point. Banyak tempat baru untuk dijelajahi.

      Hapus
  5. Wah baru tahu ternyata banyak manfaat dengan memberikan update info ke google maps. Apalagi bisa ada diskon tertentu, kere

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkk, bukan kere ko. tapi yang namanya diskon itu selalu bikin semangat. Awalnya cuma buat berbagi, eh taunya dapat bonus, kan asik ^-^.

      Hapus
  6. mantapppp sudah sampai level 7 nih

    BalasHapus
  7. Ikutan ahh, biasanya aplikasinya cuma teronggok aja di hp. hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Jike digunakan aplikasinya 😄

      Hapus
  8. ya ampun kak tambah banyak kerjaan piknik kalau gini, cekrek foto, video, upload , pulangnya nulis wkakakkakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar kelihatan sibuk kak, padahal some sibuk, wkkkkk..

      Hapus
  9. yang baru, level 6 keatas akan dapat prioritas untuk mencoba fitur baru dari google maps, emang bagus nih gmaps ada saja yang menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, buat yang aktif. Ini juga baru dapat email ^-^.

      Hapus
  10. Wah Eka da level 7... Hebat... Sy level 5 gak naik hehehe.... Dr 5-8 itu pointnya tinggi banget ya... Haha... Tapi asyik juga. Tahun ini daftar local guite gathering ya ka....

    BalasHapus
  11. Wah Eka da level 7... Hebat... Sy level 5 gak naik hehehe.... Dr 5-8 itu pointnya tinggi banget ya... Haha... Tapi asyik juga. Tahun ini daftar local guite gathering ya ka....

    BalasHapus
  12. wah keren banget kak eka dah level 7 , yayuk baru level 2 dan susah banget buat naik level. kurang rajik cekrek upload :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal Yayuk banyak fotonya, cuma ga upload aja, hehe.. Ayok di upload biar nambah levelnya.

      Hapus
  13. saya baru level 5
    sekarang malas update
    soalnya yg ada aplikasi local guide di hp 1 lg
    sedangkan foto foto banyak di hp yg baru
    padahal tinggal transfer
    tp malas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Uni di update, kan udah ada hape baru. Pasti tambah semangat karena kameranya lebih bagus dari hape yang lama. Asik loh kalo udah nambah level.

      Hapus
  14. local guide sama trip advisor contributor bedanya apa ka? duh katroo

    BalasHapus