Jalan ke Singapore dengan Modal 365 ribu

January 17, 2018 Eka Handa 32 Comments

Singapore menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia. Negara dengan luas 716 km2 ini mempunyai standar dan biaya hidup tinggi. Hal itu dikarenakan tingginya jumlah barang impor dan lahan Singapore yang sangat  terbatas. Tapi jangan salah, walaupun biaya hidup di Singapore tinggi. Para wisatawan juga bisa tetap menikmati keunikan Singapore tanpa mengeluarkan biaya yang wah alias bikin kantong bolong. Salah satunya ya gue, hehe.

Tinggal dan menetap di Batam menjadikan gue bebas bolak balik ke negara dengan biaya hidup tinggi tersebut. Apalagi di Batam sudah mempunyai lima pelabuhan ferry bertaraf internasional, jadi bisa bebas milih, mau berangkat dari mana aja. Bolak balik ke Singapore tentunya bukan karena gue banyak duit, tapi cuma numpang mejeng hilangin stress wkkkk.  Okay seperti judul postingan gue diatas ya. Modal 365rb, tetap bisa menikmati kerennya Singapore. Jadi cerita ini hanya untuk new bie yah, bukan buat traveler expert.

Berikut adalah biaya yang dibutuhkan untuk explore Singapore, one day.
Tiket PP Batam - SG (Majestic Ferry)           275rb
Makan siang menjelang sore                         30rb
Perjalanan dengan MRT dan Bus                  60rb

Enam puluh ribu di Singapore, kemana aja?
Woke, tujuan pertama gue adalah Chinatown - Little India - Punggol - Bugis - Harbourfront. Nah, dari empat tujuan ini kita bisa mendapatkan banyak foto instagramable di Singapore. Semuanya menggunakan transportasi MRT dan bus. Jadi ga perlu pake taksi karena mahal. Untuk detail perjalanan beserta foto, akan gue buat dipostingan terpisah.

Tips Jalan-Jalan ke Singapore

1. Ambil keberangkatan paling pagi dan pulang dengan last ferry
Explore suatu tempat sebaiknya dilakukan pagi hari dan pulang dengan last ferry supaya bisa puas jalan-jalannya. Apalagi perbedaan waktu antara Indonesia dan Singapore terpaut satu jam. Jadi, ambillah keberangkatan paling pagi. Selain itu para penumpang juga bisa memanfaatkan fasilitas lounge dan sarapan pagi yang disediakan oleh pihak operator kapal Ferry. Khusus terminal internasional ferry Sekupang hanya ada satu pihak yang menyediakan lounge yaitu operator Majestic.

2. Beli tiket ferry di Money Changer
Jika ingin mendapatkan tiket ferry dengan harga murah, belilah tiketnya di money changer, karena harga tiket di loket ferry terminal lebih mahal. Tapi kalo punya duit berlebih ya ga masalah beli di loket, atau ada keadaan mendesak yang mengakibatkan seseorang berangkat mendadak.

3. Gunakan transportasi masal seperti MRT dan Bus
Mass Rapid Transit yang disingkat MRT adalah sebuah sistem angkutan cepat yang membentuk tulang punggung dari sistem kereta api di Singapura. Kita hanya perlu membeli kartu EZ Link seharga SGD 12 terdiri dari saldo SGD 7 dan SGD 5 sebagai biaya kartu. EZ Link bisa juga digunakan untuk menaiki bus. Jam operasional MRT dimulai dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Cara kerjanya hanya perlu menempelkan kartu pada palang pintu dan perlu tap sekali lagi saat kita meninggalkan stasiun supaya biaya perjalanan terhitung sempurna. 

4. Jangan berlama-lama berada dalam kawasan MRT
Tarif MRT dihitung berdasarkan jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat lain. Namun menurut pengalaman pribadi temen. Biaya yang terpotong lebih banyak dari pada sekedar masuk, tap kartu, lalu keluar.

5. Pilih baju yang sesuai dengan tujuan jalan-jalan
Pilihlah baju sesuai dengan tujuan perjalanan. Gue lebih nyaman memakai setelan semi sporty biar leluasa bergerak, karena tujuannya ya cuma buat foto haha hihi. Tapi kalo mau foto ala ootd yang elegant buat cewek dan buat diupload di Instagram, kalian bisa pake manset gamis panjang karena apa? dengan satu manset panjang, kalian bisa bergonta ganti baju luaran seperti cardigan. Bajunya udah ganti, jilbabnya juga dong yaq. Supaya ga ribet dan ketusuk jarum pentul, pakailah klip jilbab simple.  

Terakhir, pakailah baju yang nyaman karena udara di Singapore itu lumayan panas daaaan, Happy traveling.


32 comments:

  1. Boleh nii kk ajak aku jalan2 kesana

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kamu harus kuat beb, aku bantu doa ya, hehe..

      Delete
  3. godaan makan nasi lemakk.. kangen sing much

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya balik ke Batam dong kak, biar bisa jalan bareng. Trus ke Singapore juga bareng biar seruuu..

      Delete
  4. 365rb nya ini rupiah kan ya ka? Bukan dolar.. Wk wk wk...
    kalo gitu sehari nabung seribu buat liburan taon depan. Pas setahun segitu kan ya... Wk wk wk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya rupiah dong Anaaa. Kebangetan deh kalo nabungnya seribu, wkkkkk.. Tambahin dikit dong buat jajan, 500 perak per hari.

      Delete
  5. Waahhhh...bolehhh nih kaakk di coba ya. Asikkkk😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu, cobain dek. Semoga membantu yah.

      Delete
  6. Wah terima kasih tips nya kaka. Poko nya harus nyampr singapore very soon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, semoga dalam waktu dekat bias nyampe ke Singapore ya.

      Delete
  7. Wah, ini kalo orang luar batam pasti senang nih, jadi tahu ternyata mau keluar negeri bisa sangat murah banget, plus berbagai tipsnya. Woke banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo mau ke Singapore mereka bakal nyiapin uang berjuta juta, takut uangnya ga cukup Ko. Padahal kalo buat jalan-jalan aja hemat banget. Kecuali tujuannya emang buat belanja.

      Delete
  8. Wah nice tips ini... baru tahu juga kalau lama-lama dalam kawasan MRT nominal tiketnya terpotong lebih banyak ya.... Bener-bener baru tahu. Kirain selama di dalam kawasan MRT bisa gak kena biaya .... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, temen yg ngomong gitu mba. Pas ultah Singapore yg ke 50 juga akses MRT dikasi gratis, salah satu alasannya ya mungkin karena rame itu. Banyak yg kejebak dalam stasiun, menghindari pembengkakan biaya para penumpang jadi dikasi gratis, Mungkin yyaaaa.. hehe..

      Delete
  9. masa ga ada budget buat es krim 1 dollar Ka? itu kan wajib kalo kesana wkwkwkw, tapi memang kesana kalau mau dibuat murah bisa murah sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Es krim one dolle yang udah ga one dolle lg kak, wkkkk.. Ya bisa banget sediain budget buat jajan. Tapi fokusnya cerita ini cuma buat jalan-jalan bukan jajan.

      Nanti bikin postingan terpisah where to jajan kak, wkkkk.

      Delete
  10. kami kemarin ga sempat ke china town dan punggol...nanti diagendakan lagi deh
    masih banyak yg belum disamperin di singapura
    meski kecil..negara ini banyak tempat menarik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia uni, Singapore emang menarik untuk dikunjungi. China Town keren tuh.

      Delete
  11. Lbih murah drpda by pulkam kak.. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkkkk, ia Tam. Kalo mau pulkam harus siapin duit berjuta juta.

      Delete
  12. Duh..pengen nyingapur lagi nih baca cerita Eka. Murah, aman dan ngilangin stress. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ayoklah Kita nyingapur bareng kak, kayaknya seru.

      Delete
  13. 365rb? Ciusss! What.. Hihi.. Kapan saya ad kesempatan kesana dg budget semurah itu ya.. Baca ini jadi mupeng kelas berat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess mba. Dengan catatan nyebrangnya dari Batam dan pakai transportasi MRT dan bus, hehe.

      Delete
  14. Kalo lewat Batam tetep butuh pasport ya mbak?
    Sebenernya ke Singapura ga mahal-mahal amat ya ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh banget mba. Walaupun jaraknya sangat dekat, tapi sudah beda Negara.

      Bener banget, kalo cuma buat mengenal Singapore dan jalan-jalan melihat kota, ga butuh uang banyak, kecuali tujuannya mau belanja, hehe.

      Delete