Tips Bersedekah

Desember 31, 2015 Hijab Traveller 1 Comments

Pagi ini perut saya sedikit tergelitik karena menerima pesan yang sepertinya di copas, sebenarnya pesan ini mengarah kepada kebaikan, hanya saja cara penyampaiannya terasa sangat berlebihan menurut saya, bahasannya tentang sedekah yang nominalnya sangat buanyak, hoho.. Pesan tersebut dikirim kedalam sebuah grup yang penerimanya berasal dari berbagai macam golongan dan penghasilan. Tentu saja itu menuai beragam pendapat, grup yang biasanya sepi itu tiba tiba saja menjadi sedikit ramai.

Bicara soal sedekah, tentu saja kita semua pernah bersedekah, pertanyaanya adalah seberapa sering kita bersedekah? setiap hari? seminggu sekali? sebulan sekali? atau setahun sekali? tentu saja jika sering bersedekah kita tidak bisa mengingat kapan pastinya. Menurut saya pribadi, sedekah itu tentang berbagi, tidak perlu menghitung nominal suatu barang atau uang yang telah kita beri kepada orang lain, yang penting adalah keikhlasan hati kita, karena sedekah dengan nominal uang yang banyak jumlahnya tidak akan bernilai dimata ALLAH jika kita merasa tinggi hati dan terus mengingat kebaikan besar yg telah kita berikan kepada orang lain. Dimulai dari diri sendiri, sejak dini dan semampu diri kita.

Jika kita hidup dengan kondisi keuangan melimpah dan hidup yang nyaman, tentu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak tidak akan menjadi masalah, lain halnya dengan orang yang berpenghasilan pas pasan, tentunya untuk besedekah. Orang tersebut harus pandai memanage penghasilan, tabungan dan jatah sedekahnya. Sebagai manusia yang berakal tentu kita harus pandai menyiasati sesuatu untuk kelangsungan hidup. Semua harus seimbang sehingga hidup tetap berjalan sebagaimana mestinya. Ada yang mengatakan sedekah harus dipaksa, tapi kalau kita saja tidak makan, apa yang mau kita sedekahkan untuk orang lain? akhirnya malah jadi konyol.

Berikut saya punya tips bersedekah untuk orang berpenghasilan pas pasan, kenapa hanya untuk orang yang hidupnya sederhana? karena orang kaya ga perlu mikir, hoho.. Contoh disini adalah kita bisa menabung 100rb perbulan, bisa kita pakai untuk membeli mukenah, sajadah, peci, atau Al-Qur'an untuk keperluan orang sholat dan beribadah membaca Al-Qur'an, barang yang kita sumbangkan akan terus berguna dan dipakai orang. Berbuat baik bisa dimulai dari yang kecil dahulu, setelah mantap, sedekahnya bisa besar dikemudian hari.

1 komentar: