Trip To Karimun - Perjalanan Ala Rakyat Jelata

May 23, 2013 Hijab Traveller 3 Comments

Assalamualaikum wr wb..

Perjalanan kali ini saya namakan, jalan-jalan ala rakyat jelata.. yups.. memang benar adanya, karena perjalanan kali ini saya menyeberang lautan dengan budget minim jadi ga terlalu menguras isi kantong.. masi cocok lah buat orang-orang seperti kami #SenyumSimpul. Minggu ke-3 bulan May lebih tepatnya lagi tanggal 22 May 2013 saya pergi jalan barsama dua orang teman mengunjungi sebuah pulau.. namanya Tanjung Balai Karimun..

Plan A, perginya berempat pake acara mau sewa mobil segala.. rencana tinggal rencana satu orang mundur karena urusan pekerjaan dan harus bertolak ke Bogor.. hadeeehh.. semangat saya mulai turun karena jadwalnya dia akan pergi selama seminggu lebih, jadi kami bertiga yang tidak punya hiburan lain cuma bisa melongo *gak bisalah*.

Plan B, saya yang mencetuskan harus berangkat walaupun cuma berdua pokoknya harus keluar dari Batam, soalnya udah mumet juga karna dapat tanggung jawab double job, saya takutnya bakal stress menjalani peran pekerjaan double job selama dua minggu, jadi saya butuh pencerahan dikit alias jalan-jalan.. tut..tut..tut.. terjadi lah sebuah percakapan dengan kesepakatan akhir, jalan-jalan tanpa si A..

Karena ga pernah ke Karimun, jadi saya ga tau jam brapa aja kapalnya berangkat, akhirnya pas pulang kerja saya mampir ke pelabuhan buat nanya jadwal keberangkatan. Kemudian hari berganti, siipp kami pergi jam 9.30 sampai sana jam 11.00.. beruntung sudah ada seseorang teman yang berbaik hati menjadi tuan rumah alias penunjuk jalan selama kami berada di karimun, begitu sampe kami langsung pergi ke penginapan, langsung check in, gooo.. jalan-jalan cari makan..

Alhamdulillah Prata telor ma Teh tarik.. maknyuuusss... ^_^

Setelah mengisi perut, kami ber-4 naik angkot menuju Masjid Baiturrahman yang terletak diatas bukit untuk sholat Zuhur, masjidnya bagus dan adem.. angin bertiup sepoi-sepoi.. dari atas juga kelihatan laut loh. Saya sukkaaaaa banget dan kalo bisa tuh mesjid rasanya mau saya bawa pulang ke Batam. Ternyata perjalanan ini ga sia-sia, hehe.. bonusnya saya juga bisa sholat di mesjid ini...

Masjid Baiturrahman Tanjung Balai Karimun

Hmmmmm... sebenarnya rada berat juga sih ceritanya.. berhubung saya lagi ga dikampung sendiri jadi yaaaa.. ga punya kendaraan.. karena ga punya kendaraan jadi yaaaa... jalan kaki deh turun dari mesjid ngelewatin rumah penduduk dengan harapan jalannya tembus ke Coastal Area, tempat yg akan kami kunjungi selanjutnya. Rasanya terasa jauh saat kami menyusuri jalan sepanjang laut, ditengah perjalanan kami melihat sebuah pelantar.. klik.. jadi deh foto yg dibawah..

Puas duduk-duduk manja diatas pelantar kami jalan kaki lagi ke Coastal Area.. jauh sih tapi asik aja karena rame.. asal muasal jalan kaki karena kami ga tau mau sewa kendaraan dimana.. hehe.. tapi Alhamdulillah masih bisa menikmati suasana Tanjung Balai Karimun karena ada tempat yang asik buat santai-santai.. namanya Coastal Area..

Coastal area Tanjung Balai Karimun

Hari pun menjelang sore tapi ada si kawan yang pengen naik odong-odong.. tapi pas mau naik abang yang jalanin odong-odongnya malah pergi.. alih-alih pengen cepat main, kami dudukin aja odong-odongnya dengan modus si abang langsung datang, eh.. ternyata abangnya ga datang. Apa boleh buat, kami terpaksa menunggu, ternyata si abang memantau odong-odongnya dari jauh, pas orang udah rame baru odong-odongnya jalan.

Setelah satu putaran odong-odong pun berhenti, perjalanan odong-odong selesai dan kami melanjutkan perjalanan menuju ke sebuah rumah makan dekat pelabuhan, setelah kenyang kami kembali ke penginapan untuk mandi, jam 7.30 malam keluar lagi, masih samaa.. jalan kaki -____-

Action dikit boleh laaaahhh, heuheu..

Langkah demi langkah, akhirnya sampai lagi di Coastal Area.. rencananya cuma minum es buah dan naik becak lampu, tapi untuk naik becak lampu kita harus mengayuh dan mengendalikan setir sendiri.. dua cewek manis nan lembut duduk di depan sementara dua cowok yang tangguh mengayuh dibagian belakang.. hahaha.. maaf bukan membully, tapi begitulah kodratnya..

Ini dia es buahnya.. seger.. isinya banyak, ada mangga, buah naga, anggur, apple, lengkeng, pepaya, & nata de coco, harganya murah meriah, cuma RP 6.000 saja..

Ini dia becak lampu yang kami naiki, cantik bukan? asik banget menyusuri jalan dimalam hari menggunakan becak lampu ini, selain yang ini masih banyak model yang lain, pokoknya asik banget deh..

Dan perjalanan wisata malam kami pun selesai, sebenarnya kami hanya mempunyai dua kegiatan tapi yaaaa.. tanpa terasa jarum jam sudah menunjukkan angka 22.40wib.. you know why? normalnya becak lampu cuma keliling satu putaran, tapi karena kami keasyikan dan rada jahil, kami bawa becaknya sampai jauh.. hehe.. klo ketauan yang ngerental kami bisa dijewer.. #justkidding.. jangan dianggap serius loh.. badan sudah lelah, mata juga sudah mulai ngantuk.. met malam, selamat tidur.. ZzzzZzzzz..

Keesokan paginya...

Setelah bangun dan mandi saya dan Yanti cuma nonton TV aja sembari menunggu sarapan yang di bawa pak Chai & Wandi datang.. tunggu punya tunggu akhirnya datang juga.. setelah makan, kami bersiap untuk check out.. habis itu yaaaa... jalan kaki lagi.. duduk di depan wisma Bupati Karimun.. sambil nunggu waktu.. terus pergi beli oleh-oleh buat dibawa pulang ke Batam.. yang harus di beli disini adalah KUS, yaitu kerupuk udang super, rasanya enaaaak, tak ketinggalan juga, kamu harus coba beli mie sagu, mie sagu ini reccomended, tapi harus dimasak sebelum disantap. setelah itu kami sholat lalu menunggu kapal.. kapalnya pun udah sampai di pelabuhan.. Bye Chai.. see u next time..

Perjalanan di kapal..

Saat mata tak bisa diajak kompromi.. ada film bagus didalam kapal.. tentang perburuan setan.. ceritanya keren dan lucu bangeeeettt.. ngantuk saya jadi tertunda dan karena keasyikan nonton, waktu didalam kapal pun terasa begitu cepat.. tau-tau udah nyampe di pelabuhan Sekupang.. Asik-asik kembali kerumah dengan selamat ^-^.. liburan yang menyenangkan.. mungkin saya terlihat norak, karena ini adalah perjalanan pertama saya keluar rumah menyeberangi lautan tanpa didampingi orang tua, maafkan saya yah pembaca yang budiman.

Special thanks to Chairudin Lukman sudah mengantarkan kami berjalan didaerah Karimun, etapi.. berhubung kami cuma jalan di Coastal Area, Coastal Area dan Coastal Area.. next trip Agus Saputra akan mengajak kami jalan-jalan ke tempat yang agak jauh.. ke air meleleh, pantai pongkar dll.. baiklaaah, kami akan menunggu saat itu datang.

3 comments:

1. Heheheheheee............. Makasih yah sudah mau kunjungi ane di Tanjung Balai Karimun. :-)

Maap, belum bisa ngajak kalian untuk menjelajah daerah pongkar dan pelawan. Wah, ada next trip lagi yah... *moga aja lapak ane dah ada. #aminberjamaah* | *ditunggu next trip-nya*

ReplyDelete
  2. Sama-sama Chai.. ^-^
    Iya ga' papa.. kami maafkan #orang beriman..
    Yup.. next trip bakal barengan ma Agus.. bakalan lebih hebooooohhhh...
    Tenang aja.. tuh lapak bakal dikunjungi kok.. jangan lupa sambut kedatangan kami dengan meriah ya untuk next trip.. ^-^

ReplyDelete
  3. Saya pengen kekarimun..naik angkot kayunya....