Tata Cara Pembuatan E-Paspor di Kantor Imigrasi Batam

September 23, 2016 Hijab Traveller 45 Comments

Hi Guys, kali ini aku mau berbagi pengalaman mengenai tata cara pembuatan e-paspor. Proses pembuatannya cepat dan ga pake ribet. Berdasarkan apa yang aku alami hari Kamis tanggal 22 September 2016. Tiba dikantor imigrasi jam 7.05 wib kemudian menunggu sampai pintu dibuka. Lalu mengambil nomer antrian yeng terletak disebelah kiri pintu masuk. Mengisi formulir dan menunggu panggilan untuk interview.

Jam 11.40 sudah bisa ngambil bukti pembayaran untuk disetor ke bank, jam 12.05 wib semuanya sudah beres dan aku tinggal nunggu sekitar tiga mingguan karena sedang ada masalah pada mesinnya. Saat kondisi normal dan tidak ada kendala teknis, hanya dibutuhkan waktu sekitar seminggu untuk proses pembuatan paspor. Biaya pembuatan e-paspor adalah sebesar 655rb, bisa dibayar di Bank mana aja, saat itu aku bayarnya di Bank BTN karena jaraknya paling dekat sama Kantor Imigrasi Batam.

Kantor Imigrasi Batam

Para pengantri paspor

Apa itu e-paspor?
Bagi para traveller yang doyan banget piknik atau manusia yang pada demen baca, pasti pada tau apa itu e-paspor. Buat yang belum tau, e-paspor adalah electronic paspor yang memiliki data biometrik sebagai salah satu unsur pengaman paspor. Data biometrik ini disimpan dalam bentuk chip yang ditanam pada paspor. Data biometrik yang digunakan adalah biometrik wajah pemegang paspor dan biometrik sidik jari sebagai pendukung, ini adalah standar yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organisation (ICAO).  E-paspor diklaim jauh lebih aman ketimbang paspor biasa karena lebih sulit dipalsukan.

Keuntungan mempunyai e-paspor adalah, Kamu bisa melakukan kunjungan selama 15 hari ke Jepang tanpa visa mulai 1 Desember 2014. Cukup dengan mendaftarkan e-paspor ke Kantor Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jepang di Indonesia. Kemudahan lainnya untuk pemegang e-paspor adalah, kamu ga perlu ngantri di pintu pemeriksaan imigrasi dan bisa langsung menuju autogate di bagian penerbangan internasional. Sampai saat ini, pembuatan e-paspor hanya tersedia di 3 kota di Indonesia yaitu di DKI Jakarta, Batam dan Surabaya.

Berikut daftar biaya untuk pembuatan paspor atau biaya penggantian paspor

Syarat Pembuatan E-Paspor
Bawa semua persyaratan asli dan fotocopy. Jangan sampai permohonan kamu ditolak gara-gara tidak memenuhi persyaratan. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus dilengkapai sebagai syarat pembuatan paspor:

1. KTP, harus di copy sebesar kertas A4 tanpa dipotong.
2. KK (Kartu Keluarga).
3. Ijazah atau akte kelahiran, bisa pilih salah satu.
4. Surat rekomendasi kantor / surat domisili tempat tinggal / surat keterangan usaha / kartu pelajar.
5. Lembar pernyataan paspor baru, ini bisa diambil setelah mengantri.
6. Bawa badge / kartu pelajar dan foto copy untuk jaga-jaga sewaktu diminta.
7. Materai untuk dewasa 1 lembar, anak-anak 2 lembar, jangan sampai lupa.

Untuk perpanjangan paspor, jangan sampai dilupakan ya guys, harus difotocopy juga paspornya. Penting banget buat kamu untuk melengkapi semua persyaratan beserta fotocopynya karena di luar kantor ada beberapa orang yang menawarkan jasa foto copy tapi harganya mahal banget, untuk selembar foto copy dikenakan biaya 10rb, padahal biaya foto copy cuma lima ratus perak -_______-. Bawa pena juga, kalau ga bawa, bisa beli sama yang nawarin fotocopy juga, ada yang harganya 5rb, ada juga yang harganya 10rb, materai kalau lupa bawa juga bisa dibeli di sana seharga 10rb.

Untuk pengambilan paspor, bisa diambil dari hari Senin - Jumat dari jam 10.00-16.00 wib. Jam istirahat dari hari Senin - Kamis adalah jam 12.00-13.00 WIB, sedangkan untuk hari Jumat adalah jam 12.00-13.30 WIB. Jika ada diantara kalian ga bisa ambil paspor karena kerjanya susah cuti atau lagi pergi ke luar kota, bisa diwakilkan dengan anggota keluarga yang masih terdaftar dalam satu KK (Kartu Keluarga) dengan si pemegang paspor, sayaratnya cukup bawa KK sama KTP asli si pemegang paspor.

Jumlah yang harus dibayar ke Bank

Update Pengambilan Paspor
Hai hai, I'm coming back again, sekarang adalah pengalaman saat aku ngambil paspor. Kamu harus perhatikan ya guys, pengambilan paspor emang tertera dari jam 10.00-16.00 wib, tapi untuk jadwal pengambilan nomor antrian adalah dari jam 10.00-14.00 wib, jadi kalau kamu datang diatas jam dua siang atau jam dua kurang beberapa menit, fix.. kamu harus pulang dan datang lagi dikemudian hari. Begitu sampai ditempat pengambilan paspor, langsung jalan kekiri ya guys untuk ambil no antrian paspor, setelah itu scan surat pengambilan paspor, no antrian akan keluar.

Catatan lainnya yang ga kalah penting adalah, perhatikan hari saat kamu mengambil paspor guys. Pada plang didepan kantor tertera kalau jam istirahat makan siang di hari Jum'at adalah jam 12.00-13.30 wib, its normal ya guys. In fact saat aku datang hari Jum'at, jam 11.30 wib pelayanan sudah tutup dan dibuka kembali setelah jam 13.30 wib. Awalnya aku cuma butuh ijin dari kantor, tapi dikarenakan jam 11.30 wib pelayanan tutup, aku terpaksa mengambil cuti setengah hari.

So, yang harus kamu lakukan jika mengambil paspor di hari Jum'at adalah, datang sebelum jam 11.00 wib. walaupun jam kerja mereka menyatakan istirahat jam 12.00 wib. Datang lebih cepat dari waktu yang ditentukan walaupun kita mengacu pada aturan yang sudah disediakan, kadang kenyataannya berbeda. Lebih baik menunggu karena waktu tak mungkin menunggu kita.

Saat pengajuan paspor, petugas imigrasi bilangnya paspor kemungkinan baru siap setelah tiga minggu, tapi beliau mengingatkan supaya kita telp ke kantornya untuk menanyakan paspor kita udah siap apa belum. Setelah seminggu, aku telp kantor imigrasi, ternyata pasporku udah jadi.

Alamat Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam
Jl. Engku Putri No.3, Batam Center, Kepulauan Riau
Phone:(0778) 462068, 462069
Fax: (0778) 462004

45 comments:

  1. kalo e pasport 24 halaman daftarnya bisal lewat online ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya e paspor ga bisa online kak, harus datang langsung ke kantor imigrasinya.

      Delete
  2. Ka, aku ga pake surat rekomendasi kantor lho, kok kamu pake ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat jaga-jaga aja kak, aturannya kan ga pake badge/kartu pelajar juga, tapi sama petugasnya diminta asli trus copy-an juga, dari pada bolak balik, mending disiapin semua ^-^

      Delete
    2. kalo gak kerja terus surat rekomendasinya gimana ya

      Delete
  3. Jd klo pake e paspor lewat pelabuhan batam center ato harbour front langsung lewat auto gate ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Batam Centre bisa mas, kalau di Singapore belum bisa katanya. Ini berdasarkan pengalaman temenku ya, hehe..

      Delete
  4. Bookmarked. Ntar klo ganti paspor pengen langsung epaspor ajah :)

    ReplyDelete
  5. Bookmarked. Ntar klo ganti paspor pengen langsung epaspor ajah :)

    ReplyDelete
  6. Urus paspor sendiri tuh rasanya seperti 'bertualang'

    ReplyDelete
  7. Mantap infonya sis yg cantik....segera meluncur ke tkp ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas udah mampir, buruan ke TKP, prosesnya cepet tanpa ribet ^-^

      Delete
  8. wah makin canggih ya, tapi yg paling penting sih pelayanan saat pengurusan. yaaa minimal gak dipersulit lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bro makin canggih, yg ga asik cuma pas pengambilan paspor aja, diluar kantor tertulis kalau jam istirahat Jum'at dari jam 12.00 - 13.30 wib, in fact mereka tutup jam 11.30 wib. Katanya persiapan sholat Jum'at -______-

      Delete
  9. Mbak.. itu antri nya gak perlu pagi-pagi ya.. karena selama ini saya baca pengalaman teman-teman yg buat mesti jam 5 pagi gitu antri nya.. kemudian apakah pengambilan e-pasport bisa di ambil oleh teman saya? Berhubung saya tidak punya keluarga di batam.. saya asli medan.. thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu datang subuh sist/bro, sebelum jam 7 teng rasanya cukup, kerna pintu akan dibuka jam 7.30 pagi. Antrian paspor biasa atau e-paspor disebelah kiri, pendaftaran online sebelah kanan. Untuk pengambilan paspor kalo ga punya keluarga, bisa pakai surat kuasa dan bawa KTP asli si pemegang paspor.

      Delete
  10. lengkap dan tak perlu tanya² lagi thanks infonya eka

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. Tiga minggu itu janji dari petugasnya Stef, tapi setelah aku telp ke kantor imigrasinya, ternyata pasporku udah jadi. Sekitar seminggu udah siap.

      Delete
  12. hallo, mau tanya, untuk pembaharuan passport, passport lamanya harus ditahan di imigrasi selama proses pembuatan e-passport? thanks buat infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perpanjangan atau pembaruan, paspor harus ditahan, nantinya setelah paspor baru jadi, paspor lama akan digunting bagian depan, sebagai tanda tidak bisa digunakan lagi.

      Delete
  13. Assalamualaikum mba,
    Proses pembuatan e-paspor betul 3 minggu selesai? Lama sekali ya.
    Atau bisa lebih cepat selesainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam mas, begitu kata petugasnya. Mungkin pada saat saya bikin paspor, sedang ada gangguan. Tapi diingatin sama petugas supaya saya pantau via telp, seminggu setelah pengurusan, paspor saya sudah jadi.

      Delete
  14. Mba.. mohon info update nya dong. Apa e-passport masih belum bisa digunakan di auto gate harbourfront Singapur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhubung paspor saya blm kepake, saya tanya sama temen yang udah pernah lewat SG. Auto gate hanya bisa digunakan saat keluar Harbourfront. Untuk masuknya tetap check manual mba. Semoga membantu ya.

      Delete
  15. Helo mba Eka, Pembayaran lwt bank BTN apakah dikenakan biaya bank ya? Thx.

    ReplyDelete
  16. Hi mba Metta, pembayarannya seperti yang tertera pada bukti pembayaran dr kantor imigrasi. Ga ada tambahan lain.

    ReplyDelete
  17. hi mba eka. apakah sekarang pembuatan epaspor di batam antriannya masih panjang? dan apakah bisa buat epaspor selagi paspor biasa kita masih aktif sampai agustus 2018 mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, untuk masalah antrian panjang atau nggaknya, kurang tau. Tergantung berapa porang yang akan mendaftar.
      Untuk E-paspor bisa langsung diganti walaupun masa berlaku paspor masih lama, terserah kita aja mau kapan gantinya.

      Delete
  18. Mbak, kalo paspor biasanya hilang, trus mengajukan permohonan baru untuk passpor electronik apa bisa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa mas, tinggal lapor dulu ke kantor polisi, baru mengajukan permohonan paspor dgn membawa surat kehilangan.

      Delete
    2. Mba.. Kalau paspor saya basah karna ketumpahan air. Itu bisa di alihkan ke e passpor tdk ya ?

      Delete
  19. Mbak kalau pengemabilan epassport di wakilkan oleh orang lain bisa gak ya?soalnya kalau dari Pekanbaru kan sayang duitnya buat nunggu epass siap atau bolak balik:(

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum Wr, Wb.
    Saya ingin membuat paspor tpi setelah saya searching ternyata syarat harus lengkap. Mulai dari KTP asli dan FC–KK asli dan FC–AKTE K asli dan FC,dan masi ada dokumen pendukung lain nya dan harus juga di lengakpi dengan surat rekomendasi.
    Dan apabila kerja di Perseroan, surat rekom nya di keluarin dari PT tersebut juga.
    Dan saya sendri tidak kerja,lalu surat rekomendasi nya dikeluarkan melalui apa?
    kantor kelurahan atau Disnaker ataupun instansi instansi yang berwnang..?
    Sekian terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lebih jelasnya, telp langsung ke kantor imigrasi kak. Hal diatas hanya proses pengurusan paspor saja.

      Delete
  21. Kebetulan mau perpanjang paspor sekalian aja pake e paspor, dan untung saja di kantor Imigrasi jakarta tersedia

    ReplyDelete
  22. kalau ktp dan domisili medan, urus e-paspor dibatam bisa? apa ada persyaratan lain? siapnya berapa hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba, karena pelayanan e-paspor hanya tersedia di tiga kota di Indonesia. Jakarta, Batam dan Surabaya. Syaratnya seperti yang tertera pada postingan mba. Untuk lebih detail, baiknya ditelp ke kantor imigrasi. Siapnya sekitar seminggu.

      Delete
  23. Saya pemegang Paspor biasa RI yg dikeluarkan KBRI di Singapura. Saya permanent resident Singapura. Karena E-Paspor ke Jepang tidak perlu visa, maka saya berencana memohon E-paspor. Tolong tanya, diwaktu ajukan permohonan, apakah paspor saya ditahan kantor imigrasi, artinya saya tidak bisa kembali ke Singapura sampai E-paspor saya siap ? Atau, setelah permohonan saya diterima, kantor imigrasi Batam akan kembalikan paspor biasa saya utk kembali ke Singapura dan utk datang ke Batam lagi mengabil E-Paspor sekaligus serahkan paspor biasa utk dibatalkan ? Mohon info nya dan terima kasih atas kebaikan anda, Salam / Andi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, untuk pertanyaan kak Andi sebaiknya ditanyakan langsung ke petugas imigrasi. Postingan ini hanya menjelaskan bagaimana cara pengurusan e paspor. No telp kantor Imigrasi Batam :(0778) 462068, 462069.

      Delete
  24. Ibu saya meninggal di Jakarta pada tahun 1995. Catatan Sipil Jakarta telah keluarkan akte kematian ybs, tetapi saya hilangkan. Tolong tanya apakah saya boleh minta salinan di Batam? Di kantor dan alamat mana? Dokumen apa saja perlu saya lampirkan,dan berapa biayanya? Terima kasih info anda. Salam.
    S H Kwee, Singapore

    ReplyDelete