Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Sehat

May 19, 2017 Hijab Traveller 13 Comments

Healthy lifestyle atau gaya hidup sehat memiliki beragam manfaat yang tak hanya dapat dirasakan dari fisik dan jasmani saja melainkan juga berdampak baik untuk keadaan mental dan rohani. Jadi sesibuk atau sepadat apapun rutinitas kita, pola hidup yang sehat harus tetap menjadi bagian yang tak terlupakan dalam kehidupan untuk menunjang segala aktivitas kita sehari-hari. Gaya hidup sehat sebenarnya tidak sulit diterapkan selama ada kemauan dan kedisiplinan. Manfaat dari gaya hidup sehat di bawah ini mungkin dapat memotivasi kita untuk senantiasa menjalaninya:

Meningkatkan kualitas tidur.
Pola hidup yang sehat membuat kita merasa lebih segar, bugar dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan seperti stress dan depresi yang berujung pada insomnia atau kesulitan tidur. Memang jika sudah menjadi kebiasaan, tidur larut malam memang sulit dihilangkan namun daripada menuruti ‘keinginan’ untuk tidur di atas jam 12 malam, lebih baik gunakan cara-cara untuk mengatasinya seperti meminum susu hangat, mendengarkan musik relaksasi atau dengan membaca buku sehingga kita juga lebih cepat merasa mengantuk.

Menambah semangat dan etos kerja.
Gaya hidup yang sehat ternyata juga secara tak langsung berpengaruh terhadap semangat dan etos kerja. Hal ini disebabkan karena pola hidup tersebut memberi dampak yang positif terhadap kesehatan tubuh dan mental, salah satunya adalah waktu istirahat yang berkualitas sehingga tubuh menyimpan lebih banyak tenaga dan stamina untuk menjalani pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, termasuk kesiapan jika harus dituntut untuk mengejar deadline atau kerja lembur.

Mencegah berbagai penyakit dan depresi.
Sudah barang tentu manfaat yang bisa kita dapatkan dari pola hidup yang sehat dan teratur mulai dari makan makanan sehat, istirahat yang cukup, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta berolahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh juga akan lebih mudah menangkal berbagai macam penyakit baik dari dalam maupun luar tubuh. Selain itu orang yang menjalani pola hidup sehat cenderung memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami stress atau depresi karena ia selalu berusaha untuk berpikiran positif dan tenang.

Penampilan lebih menarik, rasa percaya diri bertambah.
Mungkin inilah manfaat dari healthy lifestyle atau gaya hidup sehat yang sangat diidam-idamkan oleh pria maupun wanita, yaitu penampilan yang lebih menarik dan bertambahnya kepercayaan diri. Dengan menjalani pola/gaya hidup sehat, khususnya makan makanan sehat dan olahraga yang rutin bisa menjadikan bentuk tubuh lebih ideal, kulit dan rambut yang sehat serta penampilan yang selalu bugar dan sehat sehingga akan  kelihatan menarik dari dalam dan luar tubuh. 

Dengan penampilan yang prima tentu sudah pasti kepercayaan diri kita juga akan bertambah, bukan? Yuk sama-sama merubah kebiasaan lama menjadi hal yang lebih baik dikemudian hari.

Sumber foto : mariob4lotelli - WordPress.com


13 comments:

  1. Kualitas tidurku yang akhir2 ini parah banget.
    Nice artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Me too kak, paginya berasa banget g enak di badan.

      Delete
  2. Pola tidur aku engga sehat banget ni. tidur diatas jam 12 terus

    ReplyDelete
  3. Kalau pas malam libur gitu tidure pasti larut.. :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, ia sih mas, berasa merdeka karena besoknya g kerja jd g ada yg marahin bangun tidurnya lama.

      Delete
  4. lama tdr siang kadang malam jadi gak bisa tidur hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ya gitu deh, kudu dijaga banget pola tidur dan aktivitas.

      Delete
  5. Saya kalau tidur malam lewat jam 12 terus. Saatnya berubah!
    *ksatriabajahitammadeon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong dirubah ya kalo, kalo nggak, bakal kena sebat #nyengirkuda😂😂.

      Delete
  6. Huweheheh xDDD bener tuuh!
    Biar cepat ngantuk baiknya baca buku, kalau megang hape malah keterusan, keenakan, jadi suka ga nyadar udah lewat tengah malam ._.

    ReplyDelete