Secuil Bali di Holiday Inn Resort Batam

February 26, 2019 Hijab Traveller 8 Comments

Menjadi pintu masuk wisatawan no 3 tertinggi di Indonesia, pada akhirnya mendesak Batam untuk bersolek dan terus berkembang dalam berbagai bidang. Menampung wisatawan untuk berlibur, menggelar berbagai meeting skala kecil dan besar, bahkan konser internasional. Tak heran, semakin banyak beterbaran penginapan hampir merata di wilayah Batam. 

Mencari penginapan di Batam bukanlah perkara sulit. Mulai dari hotel melati hingga resort mewah, semuanya tersedia di Batam. Tinggal menyesuaikan budget, ingin memilih liburan di pusat kota yang meriah dengan gemerlap lampu atau memilih penginapan yang tenang dan jauh dari pusat kota. Batam yang dahulunya hanya menjadi lahan mencari kerja dan menjadi dalih sebagian orang untuk transit ke Malaysia dan Singapore kini menjelma menjadi tujuan wisata yang diperhitungkan di Indonesia.
Area lobi Holiday Inn Resort
Lalu gimana dengan masyarakat Batam sendiri seperti akyu? tentunya butuh liburan juga dong ya. Mengenang harga tiket pesawat yang mahal beberapa bulan ini, akhirnya rencana liburan ke luar kota aku tunda dan lebih memilih tempat liburan yang nyaman dan jauh dari pusat kota Batam. Pilihanku jatuh pada Holiday Inn Resort.

Sekilas mengenai Holiday Inn Resort. Beralamat di Waterfront City, Marina. Dibangun sejak tahun 1999, merupakan brand dari Intercontinental hotel Group (IHG) berbintang 4. Resort ini mempunyai total 275 kamar dengan berbagai tipe kamar seperti one-bedroom suite, two-bedroom suite, Deluxe one bedroom dan Family Suite.

Bangunan Holiday Inn Resort didominasi oleh cat berwarna putih tulang dengan atap berwarna orange. Berbentuk seperti apartment, terdiri dari beberapa blok bangunan menjulang tinggi dan mengelilingi sebuah kolam yang sangat terawat dan asri. Lobi terletak di bagian tengah dan sangat luas, dibagian kanan terdapat sofa super empuk bagi tamu sembari menunggu proses check in dan check out. So, buat kalian yang berencana liburan di sini, yuk kita lihat, apa aja sih yang ada di Holiday Inn Resort ini.

Holiday Inn banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara seperti Singapore dan Malaysia karena menyediakan direct ferry Terminal yang letaknya tak jauh dari lokasi resort. Hanya butuh waktu sekitar 2 menit berkendara untuk mencapai resort mewah ini. Tahun 2019 ini akan genap berusia 20 tahun, namun tetap eksis dan menjadi pilihan untuk berlibur karena suasana dan servisnya exelent.

Akomodasi
Setelah proses check in selesai, aku bersama teman-teman menuju kamar nomor 3809 dengan tipe two bedroom yang terletak di lantai 8. Viewnya super keren karena langsung menghadap kolam renang. Kamar ini mempunyai 2 buah kamar tidur, balkon pribadi menghadap kolam renang dengan 2 buah kursi untuk bersantai, dan living room yang menyatu dengan tempat makan.

Family Room
Kamar tidur utama dilengkapi dengan toilet di dalam, lengkap dengan bathub, shower dan toileteries. Sedangkan kamar tidur satunya lagi, terpisah dengan kamar mandi. Dibagian dalam kamar dilengkapi dengan flat TV, AC, ipod dock/radio, meja rias, lemari, setrika, dan safety box. Usai beristirahat, kami lalu berkumpul untuk bersantap ria. Selama menginap di Holiday Inn Resort, kami mencoba masakan di tiga restaurant. Makan siang di Dragon Inn Restaurant, makan malam di Akatonbo Teppanyaki dan sarapan di Terrace Café.

Makan Siang di Dragon Inn Restaurant
Selamat makan, tapi sebelum itu kalian harus tau bahwa Dragon Inn Restaurant saat ini terpilih menjadi restaurant China terbaik di Batam dan terbuka untuk tamu yang tidak menginap di Holiday inn juga loh guys. Jadi kalau mau makan siang bersama client atau merayakan hari special, bisa banget ke sini. Jam buka dimulai dari pukul 14.00-16.00 wib. Resto ini menyajikan masakan kanton otentik dan dimsum yang dibuat oleh Chef Ahin.


Menu makanan yang kami pilih adalah Hakau berisi udang. Chicken Pao dengan isian ayam, memiliki cita rasa gurih, creamy dan tekstur pao yang lembut. Nasi Goreng Yong Chao berisi aneka seafood, Sapi Lada Hitam, Dumpling prawn yang gurih dan renyah, Prawn Filo Pastry dan kami juga mencoba salah satu menu andalan Dragon Inn Chinese Restaurant yaitu Wasabi Prawn Mayonaise,  terlezat diantara hidangan yang lain yang kami cicipi. Daging udangnya tebal dipadu dengan wasabi dan mayonnaise yang creamy, berbalut telur ikan dengan garnish mangga, ulalaaa.

Secuil Bali di Tea Tree Spa Holiday Inn
Rasanya sungguh tidak berlebihan jika kita sebut kawasan ini seperti secuil Bali. Terlihat dari bagian  pintu gerbang, ornament, tata letak dan suasananya memang seperti di Bali. Komplek Tea Tree Spa terdapat dibagian tengah keseluruhan lahan Holiday Inn Resort. Sebelum memasuki area spa, pengunjung bisa menuju bangunan di sebelah kanan untuk proses registrasi. And walaaaaa, selamat datang di Bali. Sebuah Jacuzi sudah siap memanggil untuk diceburi. Selain menikmati spa, disini juga tersedia tempat sauna. 
Gapura Tea Tree Spa
 Tea Tree Spa


Sensasi Bersantap di Akatonbo Teppanyaki
Teppanyaki adalah salah satu cara memasak di Jepang menggunakan plat besi memanjang. Dahulu kala, orang Jepang memasak menggunakan api langsung dari kayu bakar. Namun sejak perang dunia kedua, cara memasak sudah beralih dengan cara memasak di atas plat besi, inilah cikal bakal nama teppanyaki.

Tak perlu takut jika kelaparan saat malam hari karena di Holiday Inn Resort ada Akatonbo Teppanyaki Japanese Restaurant yang menyajikan makanan khas Jepang dengan cara live cooking. Restaurant ini terletak disamping kolam renang utama Holiday Inn Resort. Opening hours dimulai dari jam 18.00-22.00 wib. Sembari menunggu makanan siap disajikan, kita juga bisa melihat atraksi kelihaian tangan sang koki saat meracik makanan dan wallaaaa, selamat bersantap ria saudara-saudara!
Akatonbo Teppanyaki


Ada 8 macam menu yang kami coba saat itu dan kesemuanya lezat, baik bumbu masakan dan bahan makanan terasa mantap di lidah. Seafoodnya tidak amis sama sekali, daging sapinya juga lembut banget hwaaaa, sampe sekarang masih terngiang-ngiang akutuh enaknya makanan di Akatonbo Teppanyaki. Secara keseluruhan bisa kalian lihat di video satu menit ini guys.

Fasilitas
Nah, yuk kita lihat apa aja yang ditawarkan Holiday inn Resort bagi pengunjungnya. Resort ini memiliki lahan yang cukup luas, jadi siapkan fisik yang baik jika kalian berkunjung ke sini. Fasilitas di holiday inn antara lain adalah kolam renang dewasa dan anak-anak, fitness centre, panda kids club, sport lounge, music box ktv, games room, sepeda, tenis meja, lapangan tenis, dan lapangan basket. Ow ia, bagi tamu yang menginap juga disediakan free shuttle bus ke Nagoya Hill shopping mall.
Panda Kids Club
Fitnes Club

Sarapan di tepian Kolam Renang
Semangat pagiiiii, setelah tidur panjang sekitar 8 jam, sekarang adalah waktunya menyeduh teh/kopi dan menikmati view Indah disekitar kolam renang sambil mencicipi menu sarapan di Terrace Cafe. Menu yang disajikan sangat beragam dan menggoda mata guys. Terdapat menu tradisional Indonesia seperti Laksa, Bubur ketan hitam yang super maknyus, soto ayam, dan bubur ayam.
Sarapan di Holiday Inn Resort Batam
Okay, sarapan selesai dan saatnya untuk explore. Kira-kira, apa aja sih yang ada di dalam resort yang satu ini? first things first ya guys, pertama kami melihat beberapa meeting room yang ada di Holiday Inn Resort, kali aja ada yang butuh info soal kapasitas meeting roomnya ya kaaan? eaaak.

Meeting Room & MCC Holiday Inn Resort
Letak Meeting room terdapat di bangunan utama, lantai 2. Dari lobi bisa menggunakan tangga dan lift. Ada 3 meeting room yang kami kunjungi saat itu, yang pertama ada Crystal Ballroom dengan kapasitas sekitar 200 orang. Yang kedua Diamond Meeting Room berkapasitas 70 orang dan yang ketiga adalah Rubi Meeting Room  berkapasitas 40 orang. Secara keseluruhan ada 7 meeting room di resort ini. Holiday Inn juga mempunyai MCC yaitu Marina Convention Centre berkapasitas 900 orang, terletak dibagian belakang resort, sebelah kanan.
Crystal Ballroom Holiday Inn Resort
MCC (Marina Convention Centre) Holiday Inn Resort Batam
Cara Menuju Holiday Inn Resort Batam
Perjalanan dari bandara Hang Nadim menuju Holiday Inn Resort dapat ditempuh dengan berkendara sekitar 42 menit. Jika dari Singapura, bisa menyeberang menggunakan ferry tujuan Pelabuhan Internasional Waterfront Marina. Dari pelabuhan Internasional sekupang, membutuhkan waktu sekitar 22 menit berkendara untuk mencapai lokasi resort.

Holiday Inn Resort BatamWaterfront City Marina
Tanjung Riau  - Sekupang
Telephone : +62 778 381333
Website :  https://batam.holidayinnresorts.com/
Email : reservation.batam@ihg.com
Instagram : @holidayinnresortbatam

8 comments:

  1. waaaaaah asik baca nya kak, feel the ambience nya sampeee muehehehhe

    ReplyDelete
  2. wah kece banget ya dalamnya. Baru tau loh asli. Dari luar tuh selalu nerka-nerka gemana sih dalamnya, akhirnya dibahas di sini makasih ya.

    ReplyDelete
  3. Wahhh keceh bener nih Resort, gak nyangka aja di kawasan Marina Batam ada resort keren gini, fasilitasnya lengkap, kolam renangnya luas, sarapan paginya banyak dan enak enak semua. Recomended banget nih resort buat liburan

    ReplyDelete
  4. ball room nya besar ya...bisa lah buat eka wedding nanti disini ya..hehe

    ReplyDelete
  5. Yaaa ampuuun, aku pikir ini beneran di Bali lhooo pdhl di Batam

    ReplyDelete