Penginapan Berkonsep Hijau dan Natural di Mutiara Bintan Beach Resort

July 29, 2019 Hijab Traveller 4 Comments

Ingin berlibur sambil menikmati keindahan alam yang serba alami? datanglah ke Mutiara Bintan. Di sana kalian akan menemukan sebuah resort berkonsep eco friendly yang terletak di Jalan Trikora kilometer 55, Telok Dalam, Malang Rapat. Tak sulit menemukan lokasinya, karena berada persis di jalan besar. Memasuki kawasan penginapan, mata kita disuguhkan dengan rimbunan pepohonan yang memberikan kesan sejuk dan teduh. Office receptionnya pun tak jauh dari jalan utama.

Pertengahan Juli, saya dan teman-teman berlibur ke Mutiara Bintan karena sudah lama kami tidak menghabiskan waktu bersama. Begitu sampai, kami disambut ramah oleh staf Mutiara Bintan dan diberikan welcome drink berupa minuman jahe. Penginapan ini berkonsep tradisional dan tidak merusak alam, semua dibiarkan se natural mungkin. Hampir seluruh bangunan di sini menggunakan material kayu dan beratap rumbia.

Setelah proses check in selesai, kami langsung menuju tempat peristirahatan. Kamar kami tak jauh dari office reception, bagunannya berupa rumah panggung tradisional. Material dinding terbuat dari anyaman bamboo, atapnya terbuat dari rumbia/atap daun sagu. Pada bagian depan, terdapat sebuah tangga, dua buah kursi dan sebuah meja untuk bersantai. Sementara bagian dalamnya, terdapat sebuah dipan dari kayu beserta tempat tidur yang diselubungi kelambu dan sebuah lemari dan kaca terpisah.

Untuk tipe kamar yang kami tinggali, kamar mandinya terpisah dari bagunan utama. Jika berkunjung ke sini, bawalah peralatan mandi seperti sikat dan pasta gigi, karena di sini hanya menyediakan shampoo dan sabun mandi. Untuk tidur, tak perlu khawatir. Meski pun tempat ini dikelilingi banyak pohon, namun tidak terlihat banyak nyamuk berseliweran. Jika tetap khawatir, kita bisa menggunakan lotion pengusir nyamuk yang sudah disediakan pihak Mutiara Bintan.
Kantor dan tempat check in tamu.
Setelah beristirahat dan melihat kamar, Kami menjelajahi setiap sudut Mutiara Bintan. Di sini terdapat lapangan volley beserta pantai yang luas dengan pasir putih halus lembut. Pengunjung yang datang bisa berenang atau bermain ayunan yang disediakan di pinggir pantai. Setelah puas bermain ayunan, kami bersiap-siap untuk mandi kemudian lanjut makan malam.

Makan malam yang disediakan berupa ayam dan ikan bakar dengan porsi jumbo. Selesai makan, kami kembali ke pantai untuk menikmati suasana malam di pinggir laut. Langit malam terlihat pekat namun memberikan kesan indah dengan taburan cahaya bintang di angkasa. Sembari bercakap-cakap, ternyata salah satu staf datang dengan membawa sebuah nampan berisi es krim bagi pengunjungnya. Wah lumayan juga nih, malam jadi terasa lebih manis dari biasanya. Kami pun melahap es krim strawberry ditengah gelapnya malam.

Tanah Laut Adventure
 Senja tenggelam

Malam itu ternyata ada api unggun juga saudara-saudara! Saat tamu ramai, biasanya pihak penginapan menghidupkan api unggun untuk memberikan kesan berbeda saat menginap. Namun ada lagi yang special, kami bisa menyaksikan fenomena bulan darah pada malam itu. Awalnya bulan tampak berwarna orange, seolah timbul dari permukaan laut, makin lama makin terlihat besar dan lebih terang. Satu persatu akhirnya mencoba berfoto dengan background bulan yang indah. Setelah penat dan hari mulai malam, kami kembali ke penginapan untuk beristirahat.

***

Duduk bersantai sembari menunggu sunrise manjadi salah satu hal menyenangkan yang ditawarkan Mutiara Bintan, namun sayangnya sewaktu kami datang, mentari enggan menampakkan keindahannya. Namun tak hanya itu saja yang bisa dilakukan tamu. Disini juga terdapat pondok santai, berupa gazebo yang menyediakan beberapa buku bacaan dengan dua buah Kasur untuk bersantai.

Selesai bermain di pantai, kami melanjutkan aktivitas pagi dengan sarapan. Menu yang diberikan hanya available untuk 4 jenis makanan dengan pilihan minuman teh dan kopi. Selesai sarapan, kami bergegas menuju Aroma River Spa karena salah satu teman kami ingin merasakan sensasi pijatan di sini. Sembari menunggu teman merileksasikan segala otot yang tegang.

Saya memanfaatkan waktu untuk bermain sampan menyusuri sungai kecil yang terdapat dalam kawasan Aroma River Spa. Sampan ini bisa digunakan tanpa dipungut biaya, bagi tamu yang menginap. Tanpa terasa, setengah jam berlalu begitu cepat. Karena masih punya agenda lain, kami pun menyudahi liburan di Mutiara Bintan Beach Resort.

Akses Menuju Mutiara Beach Resort
Ada dua opsi yang bisa ditempuh. Dari batam bisa naik Kapal Roro atau Speed Boat menuju Pelabuhan Tanjung Uban. Waktu tempuh perjalanan laut menggunakan Roro sekitar 1 jam, Speed Boat 15 menit. Setelah itu berkendara sekitar 1 jam 30 menit menuju lokasi. Opsi kedua, naik kapal ferry menuju pelabuhan Tanjungpinang  sekitar 1 jam lalu berkendara sekitar 1 jam.

Nah, itu dia seklilas review tentang Mutiara Bintan Beach Resort, semoga membantu, jika kalian ingin berkunjung.

Mutiara Bintan Resort
Jalan Trikora Km 55
Kabupaten Bintan
Pulau Bintan - Kepulauan Riau
Contact No : +62 821 7121 1988
Web : www.mutiarabintan.com
Email : admin@mutiarabintan.com

4 comments:

1. Duh asik kali nih liburan disini, suasana alamnya dapat banget. Pantainya luas dan pasirnya juga lembut bikin betah lama-lama disini. Kamarnya juga unik konsepnya bener2 seperti berada di alam terbuka gitu membuat fikiran menjadi tenang dan refresh kembali. Pokoknya cocok deh buat liburan keluarga maupun bersama teman disini

ReplyDelete
    Replies
    1. Ia bener, buatku pasir dengan pantai yang Indah itu kombinasi liburan yang pas, apalagi kalau bias sampe main sampan menuyusuri sungai, tambah Joss.

Delete
  2. Ada wisata mangrove nya trus bisa menggunakan sampannya , kayakna hal ini sangat berbeda dari yang lain...mantap reviewnya kakak :)

ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul kak, itulah yang jadi nilai plus penginapan ini. Pantainya juga bagus.