Liburan Santuy di Pulau Ranoh

December 13, 2019 Hijab Traveller 10 Comments

Liburan yuk ke Pulau Ranoh, ucap salah satu temanku. Karena sudah lama tidak merasakan sensasi berpanas ria mengunjungi pulau disekitaran Batam, aku mengiyakan ajakan tersebut. Seminggu berlalu, akhirnya waktu itu pun tiba. Kami melakukan perjalanan darat dan mengatur janji untuk bertemu di Pelabuhan penyeberangan Pulau Ranoh yang terletak setelah jembatan 6.

Pulau Ranoh yang indah ini terletak di bagian ujung Kota Batam, memiliki luas lahan sekitar 43 hektar dan baru dikelola seluas 2 hektar saja. Ciri khas pulau ini terdapat pada pantai berpasir putih, pohon kelapa yang menjulang tinggi dan warna air lautnya yang bergradasi hijau tosca. Begitu sampai di Pulau, pengunjung disambut hangat oleh staff yang bertugas. Ditepian pantai terdapat jejeran kursi pantai, lengkap dengan payungnya.


Pulau ini awalnya bernama Pulau Rano, namun setelah dikelola oleh sebuah perusahaan bernama Mega Puri Lestari, namanya berubah sedikit menjadi Pulau Ranoh. Dahulunya pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni dan sering menjadi tempat persinggahan sekaligus tempat beristirahat sambil meminum air kelapa saat sejumlah tamu berlibur ke Gugusan pulau Abang untuk melakukan aktivitas snorkeling dan jelajah pulau.
Leyeh-leyeh manja sambil minum air kelapa.
Pulau Ranoh dengan ciri khasnya.

Untuk bisa sampai ke Pulau Ranoh, pengunjung diwajibkan untuk booking terlebih dahulu, dan hanya tamu yang sudah reservasi saja yang bisa menyeberang menggunakan Speed boat yang juga dikelola oleh Pulau Ranoh, diluar dari itu, tidak diijinkan masuk ke pulau ini.

Dengan luas sekitar 2 hektar, banyak hal yang bisa kita lakukan di Pulau Ranoh ini. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, ada restaurant, ayunan pantai, tempat duduk pantai, area bermain, panggung untuk berbagai macam kegiatan, tempat membeli souvenir, dan toilet beserta tempat bilas yang nyaman dan dilengkapi dengan loker untuk menyimpan barang.
Tempat makan
Tempat penjualan souvenir dan makanan ringan
 Rest room area
Bar Pulau Ranoh
Pantai Pulau Ranoh

Cara menuju Pulau Ranoh
Dibutuhkan sekitar 1,5 jam berkendara dari Kota Batam, untuk bisa sampai ke pelabuhan penyeberangan Pulau Ranoh. Lalu dilanjut dengan menyeberang pulau menggunakan speed boat, jarak tempuhnya sekitar 20 menit. Jadwal menuju pulau hanya tersedia satu kali, titik kumpul di pelabuhan Galang dari jam 9.30 pagi, berangkat pada pukul 10 pagi dan kembali menuju pelabuhan Galang pada pukul 4 sore.

Pelabuhan penyeberangan Pulau Ranoh
Ow ia, sebelum melakukan penyeberangan, pengunjung wajib mengisi formulir seperti ini.


Jenis Paket Tour Ranoh Island
Ada 3 jenis paket dengan harga berbeda yang ditawarkan pihak Pulau Ranoh, diantaranya:

Paket A dibandrol dengan harga 550rb untuk dewasa dan 385rb untuk anak-anak. Harga Paket A sudah termasuk.
- Transport PP menggunakan speed boat dari pelabuhan Galang menuju Pulau Ranoh.
- Welcome drink, makan siang dan tea time.
- Snorkeling dan Banana boat
- Sea Sport, semua permainan tanpa mesin seperti waterpark, single & double canoe, fat buoy dan trendy floating.

Paket B dibandrol dengan harga 450rb untuk dewasa dan 315rb untuk anak-anak. Harga Paket B sudah termasuk.
- Transport PP menggunakan speed boat dari pelabuhan Galang menuju Pulau Ranoh.
- Welcome drink, makan siang dan tea time.
- Sea Sport, semua permainan tanpa mesin seperti waterpark, single & double canoe, fat buoy dan trendy floating.

Paket C dibandrol dengan harga 350rb untuk dewasa dan 245rb untuk anak-anak. Harga Paket C sudah termasuk.
- Transport PP menggunakan speed boat dari pelabuhan Galang menuju Pulau Ranoh.
- Sea Sport, semua permainan tanpa mesin seperti waterpark, single & double canoe, fat buoy dan trendy floating.

Nah, untuk pemesanan ke Pulau Ranoh, kalian bisa reservasi langsung ke instagram @pesonakepri_ri atau via whatsapp di 0812 7500 6080.

Selain menyediakan paket one day tour, Pulau Ranoh juga menyediakan paket menginap dengan pilihan tempat tidur bunker dan villa. Untuk satu bunker terdiri dari 12 tempat tidur dilengkapi dengan locker, meja rias dan AC. Tapi mohon maaf saudara-saudara, ga sempat nanya harga sewa bunker dan villanya, hehe.

Villa Pulau Ranoh
Dining area Ranoh Island
Penginapan model bunker di Pulau Ranoh

Berbagai aktivitas seru dan Makan siang di Pulau Ranoh
Setelah sampai di pulau Ranoh, pengunjung disambut hangat staf dan dipersilahkan untuk mengambil tempat masing-masing untuk istirahat sembari menikmati segarnya welcome drink berupa juice dan infus water. Setelah cukup istirahat, pengunjung bebas melakukan berbagai kegiatan dan diharuskan berkumpul kembali untuk makan siang.

Makan siang yang disajikan Pulau Ranoh cukup beragam dan tak perlu takut kehabisan karena staff terus mengawasi, jika makanan berkurang akan ditambah. Makanan yang disajikan ada udang sambal, ikan fillet asam manis, mi goreng, sayur capcai, sayur kacang panjang wortel dan sup asparagus. Cukup puas dan menyenangkan menyantap semua sajian sambil memandang birunya air laut di depan mata.
Pantai Pulau Ranoh
Sebelum snorkeling, foto-foto dulu.
Makan yuk, lauknya enak nih.
Snorkeling di air yang dalam tapi tak sedalam hatimu, eaaaak.

Setelah selesai makan siang, kami dipersilahkan untuk besiap-siap mengikuti kegiatan snorkeling. Sebelum berangkat, kita diharuskan mengikuti briefing dan memakai peralatan lengkap, setelah itu baru dibawa ke tengah laut menggunakan speed boat. Namun sayang sekali saat itu air laut sedang tinggi, jadi ikan yang terlihat tidak cukup banyak. Tapi jangan keburu sedih dulu karena ga bisa lihat ikan yang banyak, masih ada permainan menyenangkan lainnya, yaitu fat buoy dan banana boat.
Banana Boat di Pulau Ranoh
Fat Bouy/pelampung gemuk. Permainan ini sangat seru guys, karena satu orang akan melambung tinggi saat 2 orang lainnya melompat dibagian belakang. Untuk video lebih lengkap, ada di bagian bawah ya guys.

Setelah lelah bermain air, kami kembali ke daratan untuk menikmati tea time. Saat itu kami disuguhkan teh, kopi dan sup jagung untuk mengisi tenaga kembali. Setelah kenyang, akhirnya kami berbilas ria dan menyiapkan diri untuk kembali pulang ke Batam. Foto-foto kan udah tuh, supaya gambarannya lebih lengkap, kalian bisa lihat di video berikut ini guys.


Adventure Ranoh Island
Barelang Batam - Kepulauan Riau    
Contact Person IG : @ Pesonakepri_ri    
Email : Royvandi@pesonakepri.id    
Web: www.pesonakepri.id    
Contact Number : +62 81275006080  

10 comments:

  1. Tambah bagus aja fasilitas di pulau Rano ini. Paling pas untuk foto-foto karena langitnya bersih bgt. Enakny nginep klo gak, gak puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe bener banget, kalo nginap bisa puas foto-foto tanpa bocor sana sini. Karena tamunya datang dadakan sekaligus langsung banyak, jadi harus beneran pilih tempat yang agak sepian dikit buat foto.

      Delete
  2. MashaAllah bagus2 banget fotonyaaaa... Siapa sih ini fotografernya? Ini ada minimal brp pax gitu gak sih tournya? Kalau booking utk 1 org boleh gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang fotoin bang @zackamega hehe. Setahuku ga ada minimal deh kak, kalau cuma sendiri bisa juga, ntar digabung sama yang lain. Cuma ya kalo sendiri itu repot cari kendaraan menuju pelabuhan Ranohnya.

      Delete
  3. Cakep banget ya Pulau Ranoh sekarang.. Bisa nginep-nginep cantik pulak. Dulu kesini jaman masih pulau kosong belum ada apa-apanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mba, dulu kita ke sana, Pulau Ranoh masih kosong, cuma jadi pulau persinggahan untuk latihan snorkeling di Pulau Abang dan minum air kelapa. Sekarang, jangan main-main sama Pulau Ranoh, ntar diusir kalo masuk ilegal, wkkkk.

      Delete
  4. Liburan di pulau ini berasa berada di paradise ya, keren banget... Apalagi baju pink dengan putih.. dah macam peri bunga.... Plus, banyak kegiatan seru di pulau Rano

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peri Bunga, lawak kali kak, wkkkk. Sayangnya ketinggalan pula keranjang bunganya, kalo ada, makin menghayati peran. Mainlah ke sini kalau liburan ke Batam kak.

      Delete
  5. Makin cakep ya Pulau Ranoh ini. Bagus gini sih dikembangin daripada dulu cuma jadi lahan kosong tak berpenghuni.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia betul teh, makin digarap dengan serius akhirnya bisa jadi wisata andalan. Kita ga perlu liburan jauh lagi kalau ditempat sendiri ada pulau sebagus ini hehe..

      Delete