Bagaimana Memutihkan Wajah Secara Alami dan Sehat?

August 30, 2018 Eka Handa 8 Comments

Bepergian dari satu tempat ke tempat lain, apalagi saat cuaca panas menyebabkan kulit terkena paparan sinar matahari langsung. Akibatnya kulit menjadi gelap dan kurang nutrisi. Salah satu hal yang bisa dihindari supaya kulit tidak gelap adalah memakai pakaian berlengan panjang dan memakai cream tabir surya. Tapi gimana dengan area wajah, ga mungkin ditutupin pake topeng kan? hehe.

Ada kalanya kita membutuhkan perawatan untuk mencerahkan wajah karena aktivitas berlebih seperti mengeksplore suatu tempat  ketika sedang mengambil jatah cuti tahunan untuk liburan. Apalagi kalau mainnya ke pantai, dijamin bakal gosong tuh kulit. Saat mencari produk pencerah wajah, kita juga harus memperhatikan, tidak semua produk pencerah wajah yang beredar di pasaran aman bagi kulit.


Ada banyak produk pemutih wajah yang dikeluarkan oleh produsen kecantikan terkenal baik yang berasal dari dalam negeri (lokal) maupun mancanegara. Jadi, sebelum kamu memutuskan menggunakan salah satu produk pemutih kulit, pastikan kamu membaca review produk tersebut dari orang-orang yang pernah menggunakannya langsung sehingga pengalaman mereka bisa kamu jadikan sebagai acuan atau bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah produk. 

Semua produk kecantikan yang lolos BPOM pada dasarnya adalah produk yang aman. Walau demikian, kamu tetap wajib berhati-hati karena beberapa di antaranya mungkin dijual dalam keadaan kadaluarsa dan tidak layak pakai sehingga berbahaya untuk kulit dalam jangka panjang. 

Alih-alih mendapatkan wajah yang putih, bersih, dan mulus, menggunakan produk yang tidak layak bisa membuat kulitmu mengalami berbagai masalah seperti jerawat, kering, kusam, dan lain-lain. Tapi jika kamu ingin memutihkan kulit mukamu dengan cara yang sehat dan alami, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Tingkatkan perawatan kulit wajah yang kamu lakukan
Jika selama ini kamu hanya merawat wajah dengan cara mencuci dan membersihkannya dari kotoran dan sisa make up saja, kedepannya kamu wajib meningkatkan perhatian dan memberikan perawatan lebih untuk kulit wajahmu. Pelajarilah cara cara mencuci wajah yang benar dan berbagai bentuk perawatan dasar.

Gunakan pembersih wajah yang minim parfum dan alami serta mengandung exfoliator yang lembut. Pembersih wajah tersebut sebaiknya kamu gunakan dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk membuat kulit menjadi lebih putih.

Gunakan ​produk pemutih wajah
Produk pemutih wajah yang terbaik seperti yang telah disampaikan di atas, yang bisa kamu dapatkan dengan membeli yang sudah jadi (produk kecantikan modern) atau dengan membuat sendiri jika kamu punya waktu dan bahan-bahannya. Jika ingin membuat sendiri, berikut adalah beberapa pilihan pemutih wajah alami yang terkenal efektif dan cepat mencerahkan warna kulit.

Masker kentang
Kentang merupakan pemutih alami yang efektif menyamarkan noda-noda di wajah dan sangat ampuh dalam mencerahkan warna kulit yang gelap akibat paparan sinar matahari. Cara memanfaatkannya:

● Sediakan 1 buah kentang berukuran sedang kemudian bersihkan dan kupas lalu parut
● Tambahkan beberapa tetes air mawar lalu campur hingga rata
● Jika jenis kulitmu adalah kulit kering, jangan ragu-ragu menambahkan satu sdt madu. Atau jika kulitmu adalah kulit berminyak, ganti madu tersebut dengan air lemon
● Setelah diaduk rata, oleskan masker tersebut ke seluruh kulit muka dan leher termasuk tangan atau beberapa bagian kulit lainnya yang berwarna gelap
● Tunggulah hingga kering lalu bersihkan dengan air atau diamkan selama 20- 30 menit
● Gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Biasakan diri menggunakan tabir surya sebelum keluar ruangan pada siang hari

Menggunakan tabir surya minimal setengah jam sebelum keluar ruangan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari tidak hanya dapat menyebabkan kerutan dan berbagai tanda penuaan lainnya, sinar matahari yang terlalu terik antara jam 10.00 - 15.00 dapat menyebabkan penumpukan tanah yang berpotensi membuat kulit jadi terlihat lebih gelap.

Pilihlah makanan secara selektif
Kamu pasti sering mendengar istilah, "dirimu adalah apa yang kamu makan." Istilah ini sangat tepat untuk menggambarkan kondisi kesehatan maupun kecantikan kulit kita. Jika rutin mengkonsumsi makanan yang terdiri atas buah-buahan segar, sayuran hijau, dan berbagai jenis makanan lain yang banyak mengandung vitamin dan protein, kulit akan menjadi lebih sehat dan lebih cerah.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan makanan yang rendah lemak serta gula merupakan cara efektif untuk meningkatkan kecerahan kulit. Sebaliknya, hindari makanan yang pedas, hasil fermentasi, yang banyak mengandung garam, dan makanan-makanan yang digoreng (gorengan).

Biasakan diri berolahraga minimal 5 jam dalam seminggu
Ingin memiliki kulit yang sehat dan kencang serta putih tanpa berolahraga?  Mungkin saja bisa kamu dapatkan, hanya saja, berolahraga akan membuat kamu: berkeringat lebih banyak sehingga racun-racun bisa dikeluarkan, peredaran darah lebih lancar, dan kulit pun akan jadi lebih kencang.

8 comments:

  1. Waah aku baru tau kalo kentang bisa mutih kan wajah...ntar aku mau coba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuuu, cobain deh kak, biar tambah cling mukanya.

      Delete
  2. Mantap nih tipsnya, wajah sih emang wajib dirawat, harus peduli sama diri sendiri pastinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga kita, siapa lagi ya kan, eaaaak.

      Delete
  3. Ah, olahraga dan makanan. Bener-bener gak bisa di kompromi ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mau sehat harus rajin shay, hehe.

      Delete
  4. Oh ternyata kentang juga bisa memutihkan kulit wajah ya..

    ReplyDelete