5 Objek Wisata yang Wajib dikunjungi Saat Bepergian ke Natuna

December 15, 2018 Eka Handa 29 Comments

Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang luar biasa dan saat ini tengah menjadi pusat perhatian para pejalan di seluruh dunia. Dijuluki sebagai negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau tersebar dari Sabang sampai Merauke.  Terdiri dari 34 provinsi, 415 kabupaten, 93 kota, 5 kota administrasi dan 1 kabupaten administrasi. We ow we banget ya, saking banyaknya nama kabupaten, jujur, ga semua kabupaten di Indonesia gue tau, apalagi kotanya hehe.

Dari sekian banyaknya pulau di Indonesia, masih banyak pulau yang namanya belum terlalu akrab terngiang di telinga. Padahal pulau tersebut layaknya seperti potongan surga tersembunyi, salah satunya adalah Pulau Natuna yang secara territorial termasuk dalam wilayah Kepualaun Riau. Letak pulaunya yang jauh di laut Cina Selatan sana menyebabkan akses ke Natuna hanya bisa ditempuh dengan pesawat dan kapal laut. Jika ingin mengunjungi Natuna, waktu terbaik adalah pada pertengahan tahun antara bulan Juli sampai bulan September.

***

Suatu hari dibulan Juli 2017, akhirnya kedua kaki gue bisa menapaki Pulau Natuna. Pulau yang sejak kecil hanya bisa gue dengar keindahan alamnya tanpa berpikir bisa menjangkaunya karena jarak yang cukup jauh dari tempat gue berasal. Perasaan haru langsung gue rasakan sesaat setelah sampai di Bandara Natuna. Cuaca tampak cerah dengan hembusan angin sepoi-sepoi, begitu keluar dari bandara, Gunung Ranai menyambut kedatangan para penumpang dengan latar belakang langit biru.

Kedatangan gue bertepatan dengan event hari jadi Kota Ranai ke 146, yang diperingati pada tanggal 27 Juli setiap tahunnya. Dan beruntungnya gue bisa menyaksikan Pekan Natuna Expo dan Festival Pulau Senua dalam sekali kunjungan. Begitu sampai ke Natuna, meletakkan barang dan istirahat sebentar, gue beserta rombongan langsung menuju ke rumah makan Sisi Basisir.

Rumah makan ini letaknya di atas laut, menyajikan pemandangan pantai yang indah berpadu dengan menu andalan khas Melayu. Bahan makanan segar selalu tersedia di sini karena hasil laut yang melimpah. Rumah makan Sisi Basisir adalah yang paling recomended menurut gue, super duper enak, jadi kalau kalian berkunjung ke Natuna, harus cobain makan di sini ya guys.

So, dengan kunjungan yang singkat ini gue berhasil menjangkau lima tempat yang menarik untuk dikunjungi jika bepergian ke Natuna, diantaranya adalah.

Batu Alif
Jika Pulau Bintan dan Pulau Belitung mempunyai batu granit raksasa ditepian dan tengah laut, Natuna juga punya guys. Namanya Alif Stone Park atau lebih dikenal dengan Batu Alif. Letaknya di Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur. Objek wisata yang satu ini masih gratis alias tidak dikenakan biaya, hanya terdapat sebuah kotak sumbangan bagi pengunjung yang ingin mengisinya.

Dari pintu masuk sudah terlihat bongkahan batu granit besar yang saling berhimpit dan menyisakan sebuah lorong kecil untuk berlalu lalang. Di Taman Batu Alif terdapat sebuah penginapan, kerangka ikan paus,  dan beberapa spot foto menarik.


Pulau Senua
Dari pelabuhan rakyat, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menuju Pulau Senua menggunakan pompon. Senua mempunyai arti sebadan dua nyawa. Bentuk pulau ini jika dilihat dari kejauhan seperti orang hamil yang sedang tertidur. Kontur pulaunya bervariatif, mulai dari pasir putih dengan warna air laut hijau Tosca bergradasi biru, goa sarang walet, patahan karang laut, tempat penyu hijau bertelur, terumbu karang yang masih alami, puncak berbukit sampai tebing terjal. 

Keindahan Pulau Senua

Museum Sri Serindit
Museum ini menyimpan berbagai macam benda bersejarah peninggalan bangsa China, Belanda dan Jepang yang umurnya sudah ribuan tahun dan ditemukan di perairan laut Natuna. Nah, untuk mengunjungi museum ini tidak dikenakan pungutan biaya alias gratis.
Barang peninggalan sejarah di Museum Sri Serindit Natuna

Masjid Agung Natuna
Didirikan pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2009. Masjid ini sangat wajib dikunjungi jika kalian berkunjung ke Natuna. Dari kejauhan masjid ini seperti bagunan Taj Mahal di India karena terdapat sungai yang diapit oleh dua jalan besar menuju ke dalam masjid.

Ornamen masjid terinspirasi dari Al-quran, bangunan utama terdiri dari sebuah kubah besar, enam buah kubah kecil dan dilengkapi dengan 20 pintu. Pada keempat penjuru masjid terdapat empat menara setinggi 17 meter yang merepresentasikan 17 rakaat salat dalam lima waktu. Bangunan masjid bisa memuat sekitar 5500 Jemaah dan satu barisan shaf di dalam masjid ini cukup untuk memuat hingga 180 Jemaah.
Masjid Agung Natuna

Pulau Sedanau
Pulau Sedanau dahulunya menjadi pusat perputaran perdagangan yang maju di Natuna. Hampir 70 persen pemukiman warga di Pulau Sedanau berada di atas laut. Di pulau ini juga terdapat ruko yang menjual aneka barang, took pakaian dan tempat makan. Gue sempat takjub karena saat berkeliling menggunakan motor, sepanjang mata memandang yang terlihat adalah jalan beton diatas air dengan beberapa pelantar kayu pada kiri kanan jalan yang menjadi penghubung ke rumah warga.
Pulau Sedanau, Natuna.
Di pulau ini terdapat penangkaran ikan Napoleon yang mempunyai harga jual tinggi, seekor ikan Napoleon bahkan harganya mencapai 300rb, dan sekilo harga ikan napoleon bisa dibandrol dengan harga 1,3 juta. Ikan Napoleon juga diekspor sampai ke Negara Hongkong loh guys.

Nah itu dia beberapa objek wisata Natuna yang wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Jika ada rejeki dan kesempatan, gue sarankan untuk memesan tiket pesawat jauh-jauh hari karena pada saat hari libur nasional dipastikan tiket akan habis terjual dalam waktu yang singkat. Semoga tulisan gue membantu rencana perjalanan kalian dan jika ada hal yang ingin ditanyakan, monggo, akan gue terima dengan senang hati.

29 comments:

  1. Wuiihh natuna kece banget lautnyaaaa....jadi mupeng deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super duper kece kak, yang udah pernah pergi juga jadi mupeng pengen balik lagi hehe.

      Delete
  2. WAh kalau pas cerah gitu Masya Allah sekali ya mbak.. antara perpaduan langit dan birunya laut, ditambah dengan pasir putih.. :D duhh jadi pengen nge-pantai,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super duper pokoknya mas, kebahagiaan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata kalo udah lihat perpaduan sempurna yang ALLAH ciptakan.

      Delete
  3. beruntung bgt udah ke sana,saya belum sempat juga ke sana. trimakasih rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mer, semoga nanti Mero juga bias ke sana, aamiin.

      Delete
  4. Setelah resign, Alfie dihubungi oleh orang kantor dan diajak ke Natuna untuk liputan. Sedihnya karena saat itu sudah di Medan. Padahal Natuna merupakan lokasi wisata yang diidam-idamkan. Apalagi liat Alif Stone dan Pulau Senua itu. Semoga bisa kesana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Fie pemandangan alamnya Indah banget. Semoga suatu hari nanti Alfie bisa juga menjejakkan kaki ke Natuna ya.

      Delete
  5. wah, natuna.. kapan yaa bisa ke sana. ngerasain nyebur ke lautnya juga tak kak? pasti sedap yaaa air yang biru biru tosca ituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedap dipandang mata mba, sayangnya ga sempat nyebur karena ga bawa baju banyak dan ga cukup waktu mba hehe.

      Delete
  6. utara nusantara ini keren banget ya banyak pulau2 kece kauaknya pas kalau ingin traveling agak berpetualang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas cocok banget buat berpetualang, bias snorkeling, naik gunung, ekplore keindahan pulau, mencicipi kuliner, aaaaah, banyak banget pokoknya.

      Delete
  7. Keindahan alam natuna memang luar biasa. Semoga Pemerintah dan masyarakat sekitar tetap mampu menjaga kelestariannya. Dan semoga kelak saya juga bisa kesana melihat keindahan alamnya secara langsung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga masnya bias juga ke Natuna suatu hari nanti.

      Delete
  8. Keren banget ya pulau Natuna ini, anyway rekomendasi objek wisatanya kece semua lho. Mupeng habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, kak Citra kalo ke Natuna pasti banyak banget yang bisa ditulis, apalagi blognya ada 5.

      Delete
  9. Natuna indaghnya MasyaAllah... Pengen banget kesana.... Semoga terwujuddd...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga terwujud suatu hari nanti mba Juli bisa main ke Natuna.

      Delete
  10. ke Natuna beberapa kali belum sempat ke Museum tu.. duh ngences deh kalau sudah namanya museum, bisa seharian ada di sana... semoga next bisalah singgah ke museum ini. Kalau destinasi lainnya Alhamdulillah sudah pernah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba udah mengunjungi Natuna, semoga kunjungan berikutnya bisa ke Museum biar ga penasaran hehe.

      Delete
  11. pengin banget ke natuna
    penasaran dengan keindahannya
    tapi ngingat biaya perjalanan ke sana yang lebih mahal dari pergi tour 2 hari ke singapura atau malaysia jadi maju mundur cantik
    moga nanti ada yang ngajak ke sini ..hehehe
    atau moga tiket pesawatnya udah murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia Uni saat ini terbentur dengan biaya tiket pesawat yang lumayan hehe. Saat ini Natuna sudah jadi Geopark skala nasional, semoga bisa jadi geopark skala dunia. Pasti makin banyak yang penasaran dengan Natuna lalu biaya tiket pesawatnya jadi lebih murah.

      Delete
  12. yg batu di natuna ini udah lumayan populer ya...smoga 1 hari bisa nyampe sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, Alif Stone dah mulai terkenal, aamiin, semoga kak Ria sampai ke Natuna.

      Delete
  13. Batu Sindu nomor 3 tuh setelah Alif Stone Park dan Pulau Senua. Tempatnya keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena jadwal yang padat jadi ga sempat ke Batu Sindu Teh, hehe.

      Delete
  14. Belum pernah ke Natuna. Itu Alif Stonenya bagus banget ya.Semoga suatu hari nanti bisa ke sana.

    ReplyDelete
  15. Duh lautnya itu lho bikin baper. Warga kepri tapi belum pernah ke natuna. Tahun depan bisa ga ya *menerawang*

    ReplyDelete
  16. Duhh pengen bgt ke natuna..smoga ksampaian..cantik2 ya pantainya

    ReplyDelete