Mengurus STNK yang Hilang di Samsat Batam Centre

November 21, 2018 Eka Handa 0 Comments

Ini pengalaman adek gue saat dia kehilangan STNK, dan selepas bikin postingan pertamanya, dia ga pernah update blog lagi, alhasil dia jadi lupa password dan malas buat nulis. Jadi gue posting dimari dah, barangkali aja bisa ngebantu yang lain, kalau kehilangan STNK.

Tahun 2013 dia pernah ngilangin Kartu Keluarga bokap. Lah, tahun 2014 dia kehilangan STNK motor gegara ngurusin babynya yg masih kecil tapi suka ngeluarin isi dompet. How careless am i??? kata itu terus diucapin sama dia, walaupun sebenarnya gak ada manusia di dunia ini yang mau kehilangan apapun. Namanya juga musibah/kehilangan mau diapain lagi, yang pastinya langkah pertama adalah mengikhlaskan apa yang sudah terjadi dan berjanji kepada diri sendiri untuk lebih waspada dan teliti lagi dengan apapun, apalagi menyangkut barang/ documen penting.

***

This is it, my lil sist story. 

Banyak banget yang nyatain atau berkomentar tentang ribetnya prosedur, lo mau nanya sama temen- temen juga mereka pada bilang, ngurus surat sendiri itu ribet, sampe-sampe adek gue pengen pake jasa calo. Finally dia ga jadi pake jasa calo dan mutusin buat ngurus sendiri walaupun mesti makan banyak waktu dan tenaga sendiri. O iya datangnya juga gak perlu terlalu pagi, adek gue datang jam 8.30 pagi cuma ada beberapa orang yang ngantri. daftar juga langsung aja gak perlu pakai nomor antrean.

Biar gak ngalor ngidul nih ceritanya, langsung aja ke langkah pertama ya. Nah, masuk bab ini udah pure cerita adekku guys.

1. Mengurus surat keterangan kehilangan dari kepolisian
Langkah pertama, datang ke polsek Sekupang. Pas ditanya mau ngapain? bilang mau ngurus surat keterangan kehilangan STNK trus diminta fotokopi STNK, kalau ga punya copynya, serahkan BPKB & KTP. Tunggu petugas kepolisian tsb mengetik dan ngeprint, selesai. Aku di minta nge check surat tsb benar/sesuai tidaknya dengan data KTP dan BPKB tadi. Kalau sudah cocok, tandatangani dan selesai.

Sebelum keluar aku basa basi menanyakan tentang biaya administrasi, petugas tsb bilang seikhlasnya saja, aku kasi Rp.10000 padahal waktu ngurus surat kehilangan KK dengan petugas yang berbeda katanya bawa aja. Seharusnya tidak ada biaya untuk mengurus surat kehilangan itu, karena tugas polisi melayani masyarakat, apalagi notabene kita lagi kehilangan, masak pake ada biaya segala untuk itu.

2. Persiapkan Syarat jika STNK bukan atas nama sendiri
Karena STNK yang hilang itu masih atas nama orang yang motornya aku beli, jadi aku harus meminjam KTP asli dan membuat surat kuasa diatas materai.

3. Datangi kantor Samsat.
Hari pertama datang ke Samsat Batam Centre, nanya-nanya sama petugas di bagian pendaftaran, ternyata ada syarat yang kurang yaitu iklan kehilangan. Urus iklan kehilangan di gedung Graha Pena, korannya Posmetro Batam kena biaya Rp.30000

Langkah selanjutnya ke persyaratan inti

1. Bawa semua dokumen asli. BPKB asli dan fotokopi 3 lembar, KTP asli a/n pemilik STNK dan BPKB, fotokopi 3 lembar, surat kuasa asli dan fotokopi 3 lembar, surat keterangan kehilangan dari kepolisian asli dan fotokopi 3 lembar.
2. Serahkan persyaratan ke bagian pendaftaran. tunggu di panggil terus bawa surat2 ke cek fisik
3. Cek fisik kendaraan, gratis
4. Setelah cek fisik balik lagi ke loket pendaftaran, tunggu nama di panggil, baru masuk ke ruang kantor di lantai dasar (kelengkapan persyaratan di cek disini)
5. Ada yang kurang dari persyaratan diatas, aku harus membeli map BPKB dan surat keterangan a/n sendiri diatas materai dan di fotokopi (bisa di beli di tempat fotokopi)
6. Bawa persyaratan tadi ke lantai 2 loket 3 untuk pembayaran PNBP STNK baru sebesar Rp.50000.
7. Bawa lagi surat2 ke lantai 3 untuk minta keterangan kehilangan, aku juga kurang paham apa namanya, petugasnya juga hanya minta surat2 tadi, gak ditanya apa2 lalu menyerahkan lagi selembar surat.
8. Balik lagi ke lantai 2, serahkan persyaratan, surat dari lantai 3 dan bukti pembayaran PNBP ke loket 1. Petugas kepolisian akan membubuhkan stempel LUNAS di tanda pembayaran PNBP tadi dan mulai memproses STNK duplicate.
9. Tunggu sekitar 15 menit, STNK siap diambil di loket pengambilan STNK

Finally, urusan STNK selesai sudah. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus STNK yang hilang kira-kira 2 jam dan tafsiran biaya sekitar Rp.110000.

Mau tau berapa rinciannya? nih liat dibawah.

Pembayaran PNBP Rp.50000
Biaya iklan koran Rp.30000
Biaya surat kehilangan dari kepolisian Rp.10000
Fotokopi ini itu Rp.20000

Cukup sekian, apabila teman2 ada yang kehilangan STNK uruslah sendiri karena tidak seribet dan semahal apa yang di bicarakan orang. Semoga membantu yaaaaaaaa :)

0 comments: