Review Nasi Uduk Betawi: Rasa dan Harga Berbicara

November 07, 2018 Eka Handa 12 Comments

Memanjakan lidah tak harus makan makanan mahal. Cukup dengan nasi uduk Betawi rasanya tak kalah nikmat dengan western food ala restoran mewah. Selain murah menu ini mudah dijumpai di warung-warung pinggir jalan. Satu lagi, nasi uduk adalah kuliner yang tak kenal waktu. Entah sore, siang, bahkan malam sangat mudah menemukan makanan yang satu ini terutama di jalanan Ibukota.

Nasi uduk Betawi memang ikon kuliner Jakarta setelah Kerak Telor. Sajian ini menjadi primadona karena dilengkapi ragam lauk yang tertata rapi dibalik etalase kaca. Telur dadar, ayam goreng, bihun, telur balado, empal, semur jengkol, kentang balado, hingga tempe orek adalah aneka lauk yang menyempurnakan kelezatan nasi uduk.

Tanpa meninggalkan ciri khas tradisionalnya kini muncul nasi uduk rice cooker dengan proses pembuatan lebih cepat. Masih mengandalkan perpaduan beras, santan, dan daun salam, resep Nasi Uduk Rice Cooker ini menghasilkan rasa yang sama-sama enak dengan nasi uduk yang diproses secara tradisional.

Nasi Uduk Mpok Sunayah Lauk Empal dan Semur Jengkol Rasa Fantastis!
Bersantap di warung Nasi Uduk Betawi Mpok Sunayah semua penggemar nasi uduk hampir pasti terpuaskan. Apalagi taste lauk pendamping seperti empal goreng, semur jengkol, dan bihun-nya sangat mengena di lidah.

Warung nasi uduk ini terletak di kawasan Kemang Raya dekat Bank Panin. Di malam hari tempat ini selalu padat pembeli. Ada spanduk bertuliskan “Nasi Uduk Betawi Mpok Sunayah” dilengkapi keterangan aneka lauk yang disediakan seperti semur tahu dan tempe, semur jengkol, ayam goreng dan empal goreng.

Bersantap di warung makan Mpok Sunayah Anda harus menghampiri sendiri penjualnya. Pastikan terlebih dulu lauk yang dipilih supaya penjual tidak terlalu lama menunggu. Biasanya penjual akan bertanya apakah ingin nasi porsi penuh atau setengah.

Tak butuh waktu lama penjual menyiapkan nasi uduk yang dipesan. Nasi disajikan diatas piring dari anyaman rotan diberi alas kertas minyak, tentunya lengkap dengan taburan bawang goreng yang gurih diatasnya. Jika ingin tambah empal, sate usus, atau ayam goreng sebaiknya memberitahu penjualnya dulu supaya lauk bumbu kuning tadi digoreng terlebih dulu.
source: IG @dapurhangus
Nasi uduk Betawi di warung Mpok Sunayah teksturnya sengaja dibikin agak keras. Rasa gurihnya tidak terlalu kuat sehingga tidak menyebabkan neg. Namun begitu aroma gurihnya sanggup menggoda selera makan siapa saja disekitarnya.

Racikan lauk kentang balado terlihat merah terang, namun ketika disantap rasanya tidak terlalu pedas. Sangat pas dipadukan dengan telur dadar yang tebal dan bihun yang kenyal. Rasa nasi uduk di tempat ini makin sempurna dengan sambal kacang dan sambal kemiri. Perpaduan pas antara sambal kacang dan cabai merah gerus, menciptakan rasa yang cenderung gurih karena rasa pedasnya tidak terlalu dominan.

Empal goreng menjadi lauk utama sebagai pendamping nasi uduk. Sama seperti olahan daging pada umumnya, empal goreng di warung Mpok Sunayah rasa gurihnya cukup menonjol meskipun tekstur dagingnya sedikit keras. Tidak jadi masalah mungkin hanya teknik pemotongannya saja yang salah.

Nah, empal goreng ini semakin nikmat saat disantap bersama semur jengkol. Jengkolnya memiliki tekstur yang pas, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras tanpa aroma yang kuat. Sangat menggugah selera makan ketika terlihat kepingan jengkol bercampur kuah semur berwarna cokelat kental.

Bagaimana dengan harganya? Seperti judul diatas “Rasa dan Harga Berbicara”. Untuk 2 porsi nasi uduk lauk komplit ditambah 2 gelas es teh kamu perlu membayar seharga Rp 43.000. Rasa nasi uduk Betawi yang super mantap tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Atau malah justru lebih murah?

12 comments:

  1. Murah kali pun harganya. Patut dicoba ini mah

    ReplyDelete
  2. Eh, untuk ukuran Jakarta, makanan dengan porsi layak seharga Rp20.000an itu masih wajar kok. Jadi worth the price lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia worth it banget dan wajib buat dicoba hehe.

      Delete
  3. Setelah baca, jadi ngiler pengen ke warung makan Mpok Sunayah. Dan kalau belum bisa kesana, pengen nyobain resep di atas deh...

    Mantul kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mantul banget, apalagi lauknya banyak xixi. jadi puas banget makannya.

      Delete
  4. rice cooker jaman now iti lebih powerful ya , ngga cuma bisa nasi biasa aja. cari rice cooker keren ini dimana sih kak? yang harganya murce

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia kak, jaman sekarang apa-apa serba powerfull, check di Toko Online kak, pasti kamu punya toko kesayangan yg barangnya oke dan murce, hehe.

      Delete
  5. Uhlalaaaa... Nasi uduk semur jengkol. Duh, jadi ngecesss nih pagi-pagi. Kayaknya seru kalo bikin nasi uduk pake rice cooker ya, lebih praktis. Tapi nyari semur jengkol dimana ya pagi-pagi gini? Andai warung Mpok Sunayah deket sini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga sempat makan pagi ini, bias makan pagi besoknya mba, wkkkkk. Ia andai aja warungnya deket, pasti udah sering mampir.

      Delete
  6. yuhuuu ada jengki
    kesukaan saya nih hehehe
    duh jadi lapar saya
    kalau dekat udah langsung order nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sayangnya jauh ya Uni, Kalo lagi pergi dinas ke Jakarta, wajib banget mampir ke sini.

      Delete